Share

Situbondo Ethnic Festival Banjir Pujian, Bupati Berharap Masyarakat Semakin Cinta Budaya Lokal

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 29 November 2022 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 340 2717380 situbondo-ethnic-festival-banjir-pujian-bupati-berharap-masyarakat-semakin-cinta-budaya-lokal-sGtv205dST.jpg Bupati Karna berharap Situbondo Ethnic Festival membuat masyarakat semakin cinta budaya lokal. (Foto: dok Pemkab Situbondo)

SITUBONDO - Event Situbondo Ethnic Festival berlangsung sukses pada Sabtu (26/11/2022). Ribuan penari dari dalam dan luar Situbondo mampu memberikan suguhan terbaiknya kepada masyarakat yang menonton langsung maupun yang menyaksikan melalui tayangan live streaming di channel YouTube. Berbagai pujian pun mengalir.

Sedikitnya 2500 penari menyemarakkan Situbondo Ethnic Festival 2022 akhir pekan lalu. Mereka menampilkan beragam tari tidak hanya dari budaya lokal Kabupaten Situbondo, tetapi juga tari dari berbagai daerah di Nusantara.

Penampilan tari Landhung Situbondo menjadi pembuka Situbondo Ethnic Festival 2022 yang digelar di depan Pendopo Aryo Situbondo. Tari yang menggambarkan keragaman masyarakat Situbondo ini ditampilkan dengan ragam gerak dan musik yang rampak harmonis

Situbondo merupakan kabupaten di Jawa Timur terletak di pesisir utara Pulau Jawa serta dikelilingi oleh alam pegunungan perpaduan budaya suku jawa dan Madura tergambarkan dalam tari Landhung Situbondo

Situbondo Ethnic Festival ini kali pertama digelar, meski demikian masyarakat tampak memadati lokasi festival sejak pagi hari. Mereka antusias ingin melihat pentas tari Nusantara.

Para penari tampil energik dan menghayati setiap gerakan, yang tentu saja mempunyai makna dan filosofi mulia dari daerah asal tarian bahasa gerak kolosal yang terangkai bersama musik tradisional terpadu berhasil memukau penonton yang memadati arena festival.

Bupati Situbondo Karna Suwandi berharap acara yang akan digelar setiap tahun ini membuat masyarakat semakin mencintai budaya lokal Situbondo Jawa Timur dan juga budaya Nusantara. Festival ini menjadi suguhan yang unik dan luar biasa.

“Diharapkan Situbondo semakin dikenal di tingkat nasional dan luar negeri yang tentunya akan memberi dampak positif,” ujarnya.

Sementara itu, pagelaran ini juga menjadi sarana mempromosikan budaya Situbondo tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional. Rencananya festival ini akan digelar secara rutin setiap tahun dan lebih besar.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini