Share

Gempa Cianjur, Pemerintah Diminta Perkuat Early Warning System Minimalisir Korban

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 29 November 2022 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 525 2716869 gempa-cianjur-pemerintah-diminta-perkuat-early-warning-sistem-minimalisir-korban-Jc2xJPAGFo.jpeg Korban gempa Cianjur. (Foto: MPI)

BOGOR – Pemerintah diminta segera memasang early warning system atau alarm dini pendeteksi bencana gempa di wilayah rawan gempa. Hal itu berkaca gempa bumi yang terjadi Cianjur dan menewaskan ratusan warga.

Hal itu disampaikan Anggota DPR RI periode 2014-2019 Bambang Haryo Soekartono usai melihat korban gempa di Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur kota dan Desa Gasol kecamatan Cugenang.

“Pemerintah segera memasang early warning system atau alarm dini pendeteksi bencana gempa di wilayah terdampak maupun yang rawan terhadap gempa khususnya gempa mega thrust yang sering diberitakan oleh BMKG melalui media,” ucapnya, Selasa (29/11/2022).

 

Selain itu, Pemerintah diminta memasang petunjuk jalur evakuasi yang disosialisasikan dan disimulasikan secara rutin ke seluruh warga melalui latihan latihan safety drill dan lain sebagaimnya.

 Baca juga: BMKG Catat 304 Gempa Susulan Guncang Cianjur dalam Sepekan Terakhir

“Hal itu agar korban meninggal dan luka-luka dapat dihindarkan atau diminimalkan, karena masih banyak gempa susulan yang terjadi setiap harinya,” ucapnya.

Bambang Haryo juga berharap disediakan petugas trauma healing untuk menetralisir kondisi stres dan trauma dari warga yang terdampak gempa,

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Saat ke lokasi, Bambang Haryo Soekartono bersama DLU Holding turun langsung menyalurkan bantuan kepada para warga terdampak gempa Cianjur Jawa Barat di desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur kota dan Desa Gasol kecamatan Cugenang.

Bantuan berupa sembako, selimut, obat obatan, dan kebutuhan kebutuhan lainnya ke beberapa titik yang ada di wilayah terdampak gempa. Selain itu ada juga bantuan 6 televisi untuk menghibur mereka selama dipengungsian

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini