Share

Melihat Gambar Kucing Raksasa di Gurun Nazca Peru yang Berusia Ribuan Tahun

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 02 Desember 2022 07:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 18 2718929 melihat-gambar-kucing-raksasa-di-gurun-nazca-peru-yang-berusia-ribuan-tahun-60jtUJub7H.jpg Gambar Kucing di Gurun Nazca Peru (foto: dok Kementerian Kebudayaan Peru via Mirror)

SEBUAH gambar kucing ditemukan di gurun Nazca di Peru. Garis-garis Nazca, merupakan situs Warisan Dunia Unesco, kaya akan desain yang tercetak di tanah atau dikenal dengan nama geoglyph, yang dibuat sekitar dua ribu tahun lalu.

Tim ilmuwan meyakini gambar kucing itu sebagaimana gambar-gambar binatang lain di Nasza, dibuat dengan mengukir tanah di gurun hingga menunjukkan bagian tanah yang berwarna.

Kucing itu sempat tidak diperhatikan sampai ada rencana baru-baru ini untuk membangun jalur baru yang mengarah ke platform observasi. Platform itu akan menjadi tempat pengunjung melihat geoglyph lainnya.

 BACA JUGA:Penemuan Anak Mumi Berusia 1.200 Tahun yang Ditumbalkan

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Kebudayaan Peru mengatakan: "Gambar (kucing) itu hampir tidak terlihat dan akan segera menghilang karena terletak di lereng yang cukup curam, yang rentan terhadap efek erosi alami," katanya, seperti dilansir dari BBC Indonesia.

Ia menambahkan, bahwa geoglyph, yang panjangnya sekitar 37 meter itu telah dibersihkan dan dilestarikan selama seminggu terakhir.

 BACA JUGA:Penemuan Gigi Ikan Purba Usia 780.000 Tahun Ungkap Tanda Awal Zaman Memasak

Kepala Arkeolog Peru, Johny Isla mengatakan, untuk garis-garis Nazca, mengatakan kepada kantor berita Efe bahwa kucing itu mendahului budaya Nazca - yang menciptakan sebagian besar geoglyph pada 200 hingga 700 Masehi.

Follow Berita Okezone di Google News

Kucing itu, katanya, sebenarnya berasal dari zaman Paracas akhir, yaitu dari 500 Sebelum Masehi (SM) hingga 200 Masehi.

"Kami tahu itu setelah membandingkan ikonografi," katanya.

"Tekstil Paracas, misalnya, menampilkan burung, kucing, dan sosok manusia yang dengan mudah dapat dibandingkan dengan geoglyph ini," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini