Share

Ini Penyebab Kenapa Wajah Raja Baldwin Rusak

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 02 Desember 2022 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 02 18 2719058 ini-penyebab-kenapa-wajah-raja-baldwin-rusak-KnGW5kHP2S.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

JAKARTA- Ini penyebab kenapa wajah Raja Baldwin rusak yang tak banyak orang ketahui.Raja Baldwin IV memerintah Yerusalem pada tahun 1174 dan wafat pada tahun 1185.

Ia hidup dalam kesepian selama memerintah kerajaan hingga akhir hayatnya. Anggota kerajaan mengecilkan Raja Baldwin IV karena penyakit yang ia derita.

Raja Baldwin IV harus kehilangan wajahnya akibat penyakit itu. Karena dunia pengobatan masih terbatas, masyarakat berspekulasi bahwa raja mereka terkena kutukan.

Lantas apa penyebab wajah Raja Baldwin IV rusak? Berikut ini penyebab kenapa wajah dikarenakan mendapatkan julukan “Raja Kusta” dari Yerusalem.

Ia merupakan anak kedua dari Pangeran Amalric yang lahir pada tahun 1161. Pangeran Amalric mendapat tekanan untuk menceraikan istirnya ketika naik tahta sebagai Raja Yerusalem.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Baldwin dan kakaknya Sibylla tinggal bersama di istana. Sang ayah akhirnya menikah lagi dengan Putri Bizantium Maria Comnena pada tahun 1167.

Ditahun yang sama, William sebagai tenaga pengajar kerajaan mendiaknosis pengakit kusta pada Baldwin. Penyakit tersebut bermula ketika Baldwin tidak dapat merasakan rasa sakit pada tangan kanannya.

Pihak kerajaan menganggap itu adalah penyakit kulit biasa. Tapi ternyata, kusta Baldwin semakin parah. Ia kerap merasakan sakit dan nyeri luar biasa akibat kusta pada kulitnya mulai terinfeksi.

Bakteri kusta menggerogoti hampir seluruh bagian tubuh Baldwin. Bagian tubuh seperti wajah, lapisan kulit, hingga anggota gerak Baldwin rusak akibat bakteri kusta. Bagian kulit yang berlendir seperti hidung mengalami kerusakan lebih parah.

Pada usia 13 tahun, Baldwin naik tahta menjadi raja menggantikan ayahnya. Raja Amalric meninggal pada tahun 1174 karena penyakit disentri parah setelah pulang dari perjalanan kampanye melawan Nur ad-Din, Sultan Damaskus.

Selama menduduki tahta Raja Baldwin IV hanya menjadi bayang-bayang kerjaaan. Sementara itu, musuh Kerajaan Yerusalem semakin kuat. Saladin membunuh Wazir di Kairo dan berusahan untuk masuk ke Yerusalem.

Raja Baldwin IV memimpin sendiri pertempuran melawan Saladin. Karena penyakitnya, Raja Baldwin IV tidak dapat melanjutkan perangan dan kembali ke Yerusalem.

Demikian penyebab kenapa wajah Raja Baldwin rusak. Semoga dapat menambah wawasan dan khazanah keilmuan.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini