Share

Warga Australia Tolak Wajah Raja Charles III di Uang Baru, Lebih Pilih Steve Irwin

Alfilya Tri Maulina, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 18 2680524 warga-australia-tolak-wajah-raja-charles-iii-di-uang-baru-lebih-pilih-steve-irwin-y5t5jOwPWU.jpg Raja Charles III (Foto: Reuters)

AUSTRALIA - Warga Australia diketahui terlibat perdebatan mengenai perubahan gambar pada uang kertas Australia, setelah kematian Ratu Elizabeth II. Mereka berkata tidak ingin melihat wajah Raja Charles III pada uang yang mereka gunakan.

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, Australia telah 'menghidupkan' kembali keinginannya untuk menempatkan 'pria Australia terhebat sepanjang masa' pada uang mereka.

Hal tersebut terjadi setelah Bank Nasional Australia mengumumkan bahwa ilustrasi Raja Charles III akan menggantikan Ilustrasi Ratu Elizabeth II yang tergambar pada uang kertas USD5. Bahkan ilustrasi tersebut tidak hanya pada uang kertas saja namun akan segera terlihat pula pada uang koin.

 Baca juga: Ketika Raja Charles III Membuat Lelucon dengan Pena saat Menandatangani Buku Tamu

Uang baru sekarang harus dibuat dengan gambar Raja Charles III. Namun akan ada sedikit perubahan yakni wajahnya akan menghadap ke kiri. Hal tersebut merupakan tradisi lama sejak berkuasanya Raja Charles II di tahun 1600-an, yang memerintahkan agar gambar raja baru atau ratu baru harus berubah bergantian dari arah yang berlainan.

Baca juga: Inggris Pamerkan Uang Koin Baru Bergambar Raja Charles

Namun, banyak orang Australia dikabarkan tidak setuju dengan perubahan tersebut. Bahkan mereka berpendapat bahwa lebih baik wajah Steve Irwin saja yang harusnya berada di dalam ilustrasi uang kertas maupun koin nanti dibanding dengan wajah Raja Charles II.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Steve Irwin adalah seorang pemburu buaya dan salah satu pembawa acara terkenal. Irwin meninggal secara tragis setelah seekor ikan pari menusuk dada dan jantungnya saat sedang syuting. Dia dinilai memiliki peran penting dan dianggap sebagai pria hebat oleh warga Australia.

"Steve Irwin layak mendapatkan bentuk mata uang tertinggi kami" ujar salah satu warga Australia, dikutip Daily Mail. Beberapa warga Australia juga menyuarakan hal yang sama.

Sebuah petisi pernah dibuat warga Australia untuk Steve Irwin agar dinobatkan sebagai pengisi gambar pada uang kertas dan koin negara Australia.

Menurut rencana, uang baru ini akan dirilis pada 2023. Warga Australia pun tidak perlu mengkhawatirkannya untuk sementara waktu karena desain uang kertas dan koin baru belum dibuat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini