Share

Gunung Semeru Erupsi, Ribuan Warga Mulai Mengungsi

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 04 Desember 2022 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 04 519 2720218 gunung-semeru-erupsi-ribuan-warga-mulai-mengungsi-lOvQiFVI3e.jpg Gunung Semeru erupsi (foto: dok PVMBG)

LUMAJANG - Warga di sekitar Gunung Semeru kembali mengungsi pasca erupsi pada Minggu dini hari. Warga yang diungsikan adalah warga-warga yang rentang mulai dari lanjut usia (lansia), anak-anak, dan perempuan hamil yang berada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Kepala BPBD Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengungkapkan, awan panas muncul sekitar pukul 05.00 WIB dan itu terus membesar. Awan panas yang meluncur bahkan mencapai radius 7 kilometer dari puncak kawah yang membuat petugas dan relawan mengevakuasi sejumlah orang.

"Para relawan dan petugas BPBD di Desa Sumber Wuluh mengevakuasi para lansia, anak-anak dan ibu hamil," kata Patria saat dikonfirmasi MPI, Minggu (4/12/2022).

 BACA JUGA: Gunung Semeru Erupsi, Berikut Foto-Foto Penampakannya

Sementara itu, Kepala Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo Nurul Yakin menuturkan, sudah ada sekitar 2.000 warganya yang mengungsi ke tempat yang aman sejak Minggu pagi tadi. Mereka panik karena adanya aktivitas awan panas guguran yang terlihat jelas.

"Jam 7 mengungsi, sudah disampaikan ke warga untuk mencari tempat lebih aman mengungsi. Yang jelas dua dusun kosong sekitar 2.000 lebih warganya," ujar Nurul Yakin

 BACA JUGA: BNPB : Erupsi Semeru Muntahkan Awan Panas Sejauh 7 Kilometer

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, dua dusun terdekat dari puncak Gunung Semeru yakni Dusun Gumukmas dan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, sudah kosong. Mereka mengungsi di beberapa lokasi yang sudah ditentukan seperti SMPN 2 Pronojiwo, SDN Supiturang IV, masjid Supiturang, dan beberapa rumah saudara yang berada di dataran tinggi.

"Mereka panik tadi, menyelamatkan diri ke tempat yang tinggi. Kondisi gelap juga nggak terlihat," tuturnya.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini