Share

Gunung Kerinci Erupsi, PVMBG: Hindari Jalur Penerbangan di Area Sekitar

Binti Mufarida, MNC Portal · Selasa 06 Desember 2022 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 340 2721437 gunung-kerinci-erupsi-pvmbg-hindari-jalur-penerbangan-di-area-sekitar-ZjaPildJx9.png Gunung Kerinci/Foto: PVMBG

JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Kerinci mengalami erupsi pagi ini. Tercatat tinggi kolom abu teramati setinggi 700 meter di atas puncak.

Gunung Kerinci sendiri terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, di Pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 3.805 mdpl.

 BACA JUGA:Statusnya Awas, Gunung Semeru Alami 22 Kali Gempa Erupsi

“Terjadi erupsi G. Kerinci pada hari Selasa, 06 Desember 2022, pukul 08:22 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 4505 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Kerinci Irwan Safwan melalui laman resminya, Selasa (6/12/2022).

Irwan mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. “Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 3 mm dan durasi 60 detik,”paparnya.

 BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi Kembali Pagi Ini, Kolom Abu 400 Meter di Atas Puncak

Sementara itu, masyarakat di sekitar Gunung Api Kerinci dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Gunung Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif (masyarakat dilarang beraktivitas di dalam radius bahaya/KRB III).

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News


“Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Api Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan,” imbau Irwan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini