Share

Deretan Perang Terdahsyat yang Pernah Dialami Rusia Sepanjang Sejarah

Rina Anggraeni, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 18 2722900 deretan-perang-terdahsyat-yang-pernah-dialami-rusia-sepanjang-sejarah-L3PPr8KvqW.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA-Deretan perang terdahsyat yang pernah dialami Rusia sepanjang sejarah. Selama sebagian besar abad ke-20, Perang Besar Rusia tahun 1914-18 merupakan renungan sejarah.

Berikut deretan perang terdashyat yang pernah dialami Rusia sepanjang sejarah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perang Dunia Kedua

Rusia menganggap pernag dunia kedua sebagai salah satu pertempuran terbesar mereka. Sebagian besar sejarawan menganggapnya sebagai pertempuran terdahsyat dari seluruh konflik.

Itu menghentikan kemajuan Jerman ke Uni Soviet dan menandai pergantian gelombang perang yang menguntungkan Sekutu.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Perang Besar Utara

Perang ini menjadi salah satu yang paling penting dalam sejarah Rusia. Perang ini terjadi sejak tahun 1700 hingga 1721. Selama beberapa tahun Rusia mencoba merebut wilayah Livonia dan Estonia serta mengamankan akses ke Laut Baltik. Untuk mewujudkannya mereka perlu mengalahkan hegemoni Eropa Timur yang dipimpin Kerajaan Swedia. Kala itu Rusia dibantu Aliansi Utara, sayangnya aliansi itu mampu dikalahkan Swedia dan tinggal menyisakan Rusia. Akhirnya pertempuran yang diberi nama Pertempuran Poltava ini mampu dimenangkan Rusia pada tahun 1709.

3. Perang Rusia dengan Turki Ottoman

Peperangan melawan Kekaisaran Ottoman ini mungkin yang paling populer ialah dimana berlangsungnya Pertempuran Kagul tahun 1770. Dalam salah satu pertempuran terbesar di abad ke-18 itu tentara Rusia yang berjumlah hampir 40.000 orang di bawah komando Pyotr Rumyantsev mengalahkan tentara Ottoman (Utsmaniyah) yang berjumlah 150.000 orang. Kemenangan gemilang tidak hanya terjadi di darat, tetapi juga di laut. Selama Pertempuran laut Chesma pada tahun 1770, sebagian besar armada Ottoman hancur. Perang ini juga yang memicu keruntuhan dari salah satu kekaisaran terbesar di dunia kala itu. Kehancuran ini membuat Rusia menguasai beberapa wilayah dari Turki Ottoman, salah satunya adalah wilayah Crimea.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini