KPUD NTT Belum Terima Kajian KPU Pusat

KUPANG - KPUD Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menerima hasil kajian KPU Pusat menyangkut kelanjutan Pilgub masa jabatan 2008-2013 yang dijadwalkan berlangsung 2 Juni mendatang.

"Sampai saat ini, hasil kajian belum kami terima. Karena itu, KPUD selaku penyelenggara pemilu tetap optimis pemungutan suara akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal, meski ada beberapa agenda penting seperti penarikan nomor urut dan kampanye mengalami pengunduran," kata anggota KPUD NTT, Hans Ch Louk di Kupang, Rabu (14/5/2008).

Menurutnya, berbagai tuntutan dan aspirasi yang disampaiakan oleh kelompok massa yang propenetapan tiga pasangan maupun kontra sudah disampaikan ke KPU Pusat dan tinggal menunggu hasil pendalaman yang dilakukan.

"KPUD tetap pada sikap semula yakni tiga pasangan calon yang ditetapkan sah dan sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Mengenai adanya isu bahwa akan dilakukan proses verifikasi ulang terhadap berkas lima pasangan calon yang dinyatakan lolos dalam verifikasi tahap pertama, Hans mengatakan, tidak mungkin dilakukan karena keputusan KPUD tidak menyimpang dari aturan hukum yang mengatur tentang pemilu gubernur.

Anggota KPUD NTT, Johanis Depa yang dihubungi di Jakarta mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan KPU Pusat dan sudah menyampaikan beberapa masalah yang berkaitan dengan pelaksanaan pemilu seperti pengunduran jadwal pemilu, serta aksi protes yang dilakukan beberapa kelompok massa berkaitan dengan penetapan tiga pasangan calon.

"KPU Pusat sudah  menegaskan bahwa tidak akan mengambil alih tahapan pemilu gubernur NTT," katanya.

Pasangan calon yang dinyatakan lolos verifikasi yakni Ibrahim Agustinus Medah- Paulus Moa  (Partai Golkar), Frans Leburaya-Esthon Foennay (Calon PDI Perjuangan) serta Gaspar Parang Ehok-Yulius Bobo (Koalisi Abdi Flobamora). (jri)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Dibawa Kabur Pacar, Siswi SMA Disiksa & Disetubuhi