Siklon Tropis Seroja Terjang Alor NTT, 17 Orang Meninggal 23 Masih Hilang

Danny Manu, iNews · Selasa 06 April 2021 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 340 2390500 siklon-tropis-seroja-terjang-alor-ntt-17-orang-meninggal-23-masih-hilang-tsrJYPJiEZ.jpg Foto: iNews

ALOR - Siklon Tropis Seroja mengakibatkan banjir, tanah longsor dan puting beliung di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Akibatnya, 17 orang meninggal dunia dan 23 orang lain masih hilang.

Sementara itu, seratusan lebih rumah rusak berat. Jembatan Taramana sebagai satu-satunya akses juga roboh membuat distribusi bantuan dan alat berat terhambat.

Jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses darat menghubungkan beberapa wilayah di Alor Timur, yang menjadi titik terparah banjir dan tanah lonsor.

Baca juga: BMKG : Siklon Tropis Seroja Sebabkan Gelombang Setinggi 4 Meter seperti Tsunami

Tim dan relawan dari unsur gabungan TNI-Polri ditambah pemerintah kecamatan, terpaksa harus menerobos banjir untuk membantu upaya pencarian korban maupun mendata kerusakan.

Warga hanya bisa mencari korban tanah longsor secara manual, sehingga mereka berharap gerak cepat pemerintah mendatangkan alat berat.

Baca juga: Siklon Tropis Seroja Penyebab Cuaca Ekstrem dan Banjir Bandang NTT

Titik terparah selain Lipang, ada juga di Malaipea dan Tamak  di Pulau Pantar karena lokasi persis brada di bibir pantai, sehingga para korban terbawa oleh banjir masuk ke laut.

Hingga hari ini, menurut data BPBD, 17 orang meninggal dan 24 orang hilang di Alor. Sementara 25 lainnya luka-luka. 

Kondisi medan dan tingkat kerusakan seperti tumpukan material akibat longsor serta beberapa akses jalan seperti jembatan roboh, menjadi kendala bantuan tiba ke lokasi terdampak.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini