Taman Makam Yogyakarta Hanya Dirawat 17 Orang

|

salah seorang pelayat di makam pahlawan Yogyakarta (Foto: Prabowo/okezone)

Taman Makam Yogyakarta Hanya Dirawat 17 Orang

YOGYAKARTA- Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta memiliki luas tanah 2,872 hektare. Dari luas tanah tersebut, terbagi menjadi beberapa blok.

Tercatat, ada lima Pahlawan Nasional dimakamkan di tempat tersebut yakni Panglima Besar Jenderal Soedirman, Letnan Jenderal Dering Soemohardjo, Brigadir Jenderal Katamso, Kolonel Sugiyono, dan Menteri Supeno.

Selain kelima Pahlawan Nasional itu, data pengelola TMP Kusumanegara mencatat ada ribuan pahlawan pejuang kemerdekaan RI yang dimakamkan di tempat tersebut. Dari TNI AD berjumlah 1.065 makam, TNI AU 156 makam, dan TNI AL berjumlah 56 makam. Selain itu, dari Polri berjumlah 79 makam,.

Pejuang yang tercatat identitasnya ada 404 makam dan warga sipil terdapat sembilan orang. Bahkan, dari pejuang yang tidak tercatat identitasnya berjumlah 131 makam.

Dari ribuan makam, ternyata hanya 17 orang yang merawat makam yang dikelola Dinas Sosial Provinsi DIY tersebut.

“Yang merawat semua makam itu ada 17 orang. Mereka bukan PNS, tapi pegawai honorer,” ucap Kepala Seksi Penggelola TMP Kusumanegara dari Dinas Sosial Provinsi DIY, Biyatno, Kamis (10/11/2011).

Meski hanya berjumlah 17 orang, namun TMP Kusumanegara terlihat rapi dan terawat dengan baik. Merawat TMP Kusumanegara itu, lanjut dia, bukan hanya tugas dari pemerintah (Kementrian Sosial) saja, namun semua lapisan masyarakat wajib menjaga. “Dana perawatan makam dari Dinas Sosial,” jelasnya.

Lokasi TMP Kusumanegara itu sendiri dikelilingi pagar, baik pagar dari tempok maupun dari besi agar terlihat dari kejahuan. TMP Kusumanegara juga dilengkapi dengan beberapa bangunan. Di antaranya monumen, perpustakaan, ruang piket penjagaan, perkantoran, maupun dua gedung utama yang berada di belakang dan depan. Terdapat patung Jenderal Soedirman berdiri tegak di depan TMP Kusumanegara Yogyakarta.

(kem)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Megatron Marah-Marah saat Diajak Selfie