Kunjungan Wasekjen MUI Ditolak, Pimpinan Daerah Sintang Gelar Rapat

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Tengku Zulkarnain. (Foto: Twitter)

Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Tengku Zulkarnain. (Foto: Twitter)

JAKARTA – Pasca-penolakan masyarakat yang tergabung dalam Dewan Adat Dayak (DAD) terhadap Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Tengku Zulkarnain, dilakukan rapat gabungan pemangku kepentingan di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Saat ini Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Sintang yang terdiri dari Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua FKUB dan MUI Kabupaten Sintang sedang berembuk agar masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang dapat memecah belah rasa persatuan dan kesatuan," kata Kabid Humas Polda Kalimantan Barat, Kombes Suhadi, ketika dikonfirmasi Okezone, Kamis (12/1/2017).

Suhadi mengatakan, saat ini pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi atas kejadian penolakan Tengku yang ingin berkunjung ke Sintang. "Sebaiknya jangan terprovokasi dan memberikan arahan yang menyejukkan kepada umat Islam di Kabupaten Sintang," ujarnya.

Menurut Suhadi, insiden penolakan Dewan Adat Dayak terhadap kedatangan Tengku hanya kesalahpahaman. Pasalnya, Tengku dianggap telah menghina warga Dayak. "Warga Dayak tidak membenci MUI, namun lebih kepada oknum dari MUI yakni Tengku Zulkarnain yang dianggap telah menghina suku Dayak," jelas Suhadi.

Sebelumnya penolakan ini terjadi sekira pukul 09.00 WIB ketika anggota Dewan Adat Dayak hendak menjemput Gubernur Kalimantan Barat Cornelius yang merupakan Ketua Dewan Adat Dayak. Pada saat menunggu kedatangan Cornelius, rombongan pemuda Dayak ini mendapatkan informasi tentang kedatangan Tengku Zulkarnain dan melakukan penolakan.

Atas aksi yang dilakukan para pemuda Dayak ini, Tengku Zulkarnain bersama rombongan  tidak jadi turun dari pesawat dan langsung meninggalkan Kabupaten Sintang menggunakan pesawat Garuda Indonesia menuju Pontianak. 

(fas)
  • techno user ujang
    ujang • 4 hari lalu
    makan tuh ucapannya ...malu2in Sekjen MUI DITOLAK mentah2 sama Orang Dayak ..hahahahhahaaaaaa
    Beri Tanggapan
Live Streaming
Logo
breaking news x