nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Publik Makin Sadar SBY Tak Punya Karakter

Dede Suryana, Jurnalis · Sabtu 04 September 2010 07:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 09 04 339 370040 fdhgSOaDUa.jpg Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Sejumlah lembaga survei menyebut kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menurun tajam. Hal ini dinilai sebagai bukti bahwa SBY hanya berlindung di balik pencitraan namun miskin karakter.

Demikian disampaikan pengamat politik Akon institut Muhammad Ikhsan Tualeka.

“Publik mulai sadar bahwa selama ini SBY hanya berlindung di balik politik pencitraan namun minim kebijakan yang signifikan. Publik kecewa karena tidak adanya prestasi yang bisa dibanggakan dari pemerintahan SBY-Boediono,” ujar Ikhsan kepada okezone di Jakarta, Sabtu (4/9/2010).

Ikhsan menjelaskan, sejatinya sebuah penerunan popularitas pemimpin satu negara adalah hal yang lumrah. Obama misalnya, pernah mengalami hal yang sama di mata publik Amerika.

“Tapi mesti dilihat apa yang melatarinya. Kalau popularitas itu turun karena pemimpin itu berani mengambil kebijakan yang tidak populis demi kepentingan publik, saya kira itu menunjukan bahwa pemimpin itu berani mengambil resiko dan punya karakter,” jelas dia.

Namun, kata Ikhsan, jika penurunan itu akibat minimnya inisiatif serta tidak adanya kebijakan subtantif yang ditorehkan, itu menunjukan bahwa pemimpin tersebut lemah.

“Tidak punya karakter personaliti yang kuat dan peragu. Saya kira hal itu yang terjadi pada kepemimpinan SBY saat ini,” tutupnya.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini