Hanura: Partai Baru Sulit Tembus Pemilu 2014

Ferdinan, Okezone · Rabu 27 April 2011 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 27 339 450508 FpBfdo8Ua7.jpg ist

JAKARTA - Ketua DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Yuddy Chrisnandy berpendapat partai-partai baru akan kesulitan menembus Pemilu 2014. Alasannya, verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2014 mensyaratkan aturan yang lebih ketat.

 

"Partai lama tidak mudah melewati persyaratan Undang-Undang Parpol yang baru. Apalagi untuk partai baru tidak gampang lolos verifikasi. Partai baru jangan hanya mendaftar dan verifikasi, tapi tunjukan merka layak jadi peserta Pemilu 2014," kata Yuddy kepada okezone, Rabu (27/4/2011).

 

Pendapat ini disampaikan Yuddy terkait munculnya beberapa partai baru seperti Nasional Demokrat dan Nasional Republik. Nasrep sendiri digagas Tommy Soeharto bersama rekannya seperti Yus Usman (mantan Sekjen Hanura) dan Sri Endang Astuti.

 

Mengenai kepindahan Yus ke Nasrep, Yuddy menganggapnya sebagai hal lumrah di dunia perpolitikan. Hanura, sambung Yuddy, tidak khawatir akan tergerus Nasrep. Yuddy mengaku mendengar informasi Yus Usman dekat dengan Tommy dan berencana membentuk parpol baru.

 

"Keanggotaannya kemarin masih aktif, tapi tidak tahu sekarang karena baru dengar Nasrep daftar jadi parpol," jelasnya.

 

Munculnya parpol baru jelang Pemilu 2014, menurut Yuddy biasa karena para elitenya memiliki ambisi tertentu. "Tokoh pendiri mungkin mau maju jadi capres atau sekurang-kurangnya parpol baru itu ikut menentukan sistem kekuasaan 2014," katanya.

 

(teb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini