Tower SUTT PLN yang Roboh & Rusak Jadi 25

Wildan Topan, SUN TV · Kamis 13 Oktober 2011 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2011 10 13 340 514559 aUbMf7Aqlx.jpg Ilustrasi SUTT (pln-uip-ktjb)

SUKABUMI - Tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Cibadak, Sukabumi, yang roboh bertambah menjadi 25 dari sebelumnya 13.

 

Jumlah tower SUTT yang mengalirkan listrik dari PLTU Cipatuguran, Palabuanratu, itu bertambah diduga disebabkan karena kondisi konstruksi yang lemah.

Sementara akibat ambruknya tower, puluhan tanaman kelapa sawit milik perkebunan PTP VII Sukamaju rusak. Selain merusak pohon sawit, kabel yang mengalirkan listrik hingga 150 Kva ini juga mengahalangi akses jalan warga.

Menurut Wakil Kepala Adm Perkebunan PTP VII Sukamaju, Winarno, kerusakan terparah terjadi di abdeling 1 dan 2. Di dua abdeling itu hampir 55 pohon tertimpa tiang tower yang terbuat dari baja dan besi berukuran besar.

Ironisnya, setelah peristiwa ambruknya puluhan tower pihak PLN tak mengkonfirmasi maupun melakukan koordinasi atas ganti rugi. Padahal perkebunan itu juga perusahaan negara.

Sebelumnya anggota tim teknis PLN, Nandar STW, mengatakan tower ambruk karena beberapa bagian penyangga dicuri. Namun hal tersebut dibantah warga.

Pihak PLN masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti ambruknya tower listrik itu.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini