nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU Jabar Kini Punya Ketua Baru

Iman Herdiana, Jurnalis · Rabu 16 Mei 2012 16:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 05 16 526 630619 Pr4DNMij5X.jpg Ilustrasi

BANDUNG - Kursi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat kini diduduki Yayat Hidayat. Dia terpilih secara aklamasi dalam pemilihan Kamis 10 Mei pekan lalu.

Sebelumnya, Ketua KPU Jabar sempat lama kosong karena ketua sebelumnya, Ferry Kurnia Rizkiansyah, terpilih sebagai komisioner KPU Pusat.

Yayat menuturkan, pemilihan dilakukan melalui rapat tertutup. "Empat anggota KPU menunjuk saya untuk jadi ketua komisi," tuturnya kepada wartawan via telepon, Rabu (16/5/2012).

Selain itu, mantan anggota KPU Kota Bandung, Iin Endah, telah dilantik menjadi pengganti antarwaktu (PAW) pada Rabu 9 Mei lalu.

Iin menjadi komisioner PAW karena saat proses pemilihan KPU Jabar 2008 dia berada pada urutan ke-7. Sedangkan urutan ke-6 dijabat Ferdiman, yang telah dilantik menjadi komisioner PAW menggantikan Sanusi Uwes.

Dengan demikian, lanjut Yayat, semua formasi komisioner terpilih, termasuk ketua KPUD Jabar, sudah siap.

"Artinya, KPU Jabar menyatakan siap menggelar Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2013 yang digabungkan dengan pemillu kepala daerah di empat kabupaten/kota," terangnya.

Selanjutnya, seluruh komisioner harus menyiapkan regulasi sebagai persiapan tahapan Pilgub dan pilkada gabungan. "Kami masih punya tiga bulan tersisa untuk persiapan yang optimal,” ujarnya.

Menurutnya, persiapan Pilkada dengan jumlah pemilih hampir 35 juta tidaklah mudah. Pihaknya menargetkan bahasan yang harus segera selesai di antaranya jadwal, program, perencanaan anggaran, perencanaan regulasi Pilgub Jabar, dan Pilkada gabungan.

Kata dia, proses persiapan tersebut sudah dimulai sejak pertengahan 2011 lalu. "Harapannya sudah siap Juli ini,” pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini