Dua Robot Unsoed Pincut Pengunjung Ekspo

Margaret Puspitarini, Okezone · Selasa 22 Mei 2012 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 21 373 632934 RP9wXnaLdR.jpg Foto : Unsoed
JAKARTA - Dua robot cerdas pemadam api, berkaki, dan beroda besutan Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil mengundang decak kagum para pengunjung pameran yang berlangsung di Auditorium Unsoed belum lama ini.

Tim pembuat robot ini terbagi menjadi dua. Tim robot cerdas berkaki beranggotakan Bayu Samodra, Gilang Kurniawan, Aji Susilo, dan Anggi Almidra di bawah supervisi Priswanto. Sementara tim robot pemadam api terdiri oleh Guruh Syahrani, Wisnu, Faris Sugiyanto, dan Jauharul Fuadi dengan fasilitator Imron Rosyadi. Demikian seperti dikutip dari situs Unsoed, Selasa (22/5/2021).

Robot pemadam api ini memiliki kemampuan navigator yang dapat mencari titik api, memadamkan, dan kembali ke homebase. Robot tersebut juga memiliki distance sensor ping yang berfungsi memperhitungkan jarak robot dengan halangan yang ada di depannya menggunakan metode pemantulan gelombang ultrasonik yang  berjumlah lima buah. Selain itu, untuk white line detector, flame detector, dam navigation menggunakan photodiode dan sound detector sensor menggunakan mikrofon dengan besaran frekuensi 3 KHz dengan menggunakan algoritma dan strategi bahasa C serta software untuk code vision dan downloader adalah US ASP. Hasil karya civitas academica Unsoed ini telah menorehkan prestasi dengan masuk dalam lima besar dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Regional III.(mrg)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini