Share

Ribuan Warga Tunisia Sebut Obama Monyet

Aulia Akbar, Okezone · Senin 28 Mei 2012 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 28 412 637104 eSxgi1hzQA.jpg Foto : demonstrasi di Tunisia (The Blaze/ Memri TV)

TUNIS - Institut Penelitian Media Timur Tengah mengunggah video rekaman ribuan warga Tunisia yang tergabung dalam kelompok Salafi menyebut Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama seperti kera. Mereka juga mengibarkan bendera Al Qaeda.

"Ayo kita berteriak 'Allah Maha Besar' sehingga si kera Obama dapat mendengar kita!" ujar orator dalam aksi unjuk rasa tersebut, seperti dikutip The Blaze, Senin (28/5/2012).

Ribuan demonstran di Tunisia itu juga berteriak memanggil nama Obama dan menyebut diri mereka sebagai Osama bin Laden. Orator pun berteriak dengan lantang, mengingatkan AS bahwa mereka akan datang.

"Obama, Obama! Kami adalah Osama!" demikian teriakan ribuan demonstran di Tunisia.

Para demonstran Salafi itu juga mengalami bentrokan dengan aparat keamanan Tunisia di Kota Jendouba. Beberapa orang di antara mereka terpaksa di tahan setelah polisi menembakkan gas air mata. Meski demikian, mereka tidak menyerah begitu saja dan menyerang pos polisi dengan batu.

Banyak anggota kelompok Salafi di Tunisia yang dipenjara sebelum mantan Presiden Zine el Abidine Ben Ali digulingkan dari kekuasaannya. Meski mereka tidak banyak berperan dalam aksi revolusi pada 2011 lalu, mereka cukup berpengaruh di Tunisia.

Partai Ennahda, yang sering disebut partai Islam moderat, memenangkan pemilu di Tunisia. Ennahda pun membangun koalisi dengan partai politik lain yang tidak berbasiskan agama. Namun Ennahda juga tidak pernah luput dari kritik Salafi, yang menginginkan implementasi hukum Islam di negara tersebut.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini