Share

STMIK AMIKOM Bentuk Polyclinic Career

(koran Sindo), Koran SI · Rabu 25 Juli 2012 09:35 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 25 373 668080 GxKugQluHg.jpg Ilustrasi : Corbis

YOGYAKARTA – STMIK AMIKOM berkomitmen kuat menyiapkan mahasiswanya dalam menghadapi tantangan dunia kerja dan berwirausaha. Misalnya dengan membentuk Polyclinic Career yang berada di bawah naungan Business Placement Center (BPC) STMIK AMIKOM bagi para alumninya.

Ketua BPC STMIK AMIKOM Yogyakarta Kusnawi menjelaskan, Polyclinic Career merupakan terobosan dari BPC guna memberikan arahan seputar bimbingan dan sharing pekerjaan maupun wirausaha.Termasuk pembuatan surat lamaran dan interview. Mengingat pentingnya peran alumni, mereka diharapkan tidak pernah putus hubungan dengan kampus.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

”Alumni mempunyai satu kontribusi yang besar bagi STMIK AMIKOM Yogyakarta, bagaimana perkembangan AMIKOM di masa depan ditentukan oleh perkembangan alumni. Karena itu, perkembangan alumni dari posisi dan keberadaan kerja akan terus kami pantau,” kata Kusnawi.

Ada empat program kerja BPC, yaitu manajemen alumni, rekrutmen, persiapan karier (career days), serta bursa dan kerjasama dengan dunia industri. Ruang lingkup alumni dibagi tiga bagian, yakni pengembangan jejaring, melakukan penelusuran secara berkala, tracer study berupa kontribusi alumni untuk pengembangan kurikulum berbasis industri sesuai kebutuhan atau pengembangan metode lainnya. ”Semua proses ini dibantu oleh Jaringan Alumni (Jala) AMIKOM,” ujar Kusnawi.

Untuk kerjasama dengan industri, yang terbaru kampus ini melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Pustaka Insan Madani. Dengan salah satu poin yang dibahas, yakni BPC STMIK AMIKOM Yogyakarta siap memfasilitasi PT Pustaka Insan Madani merekrut tenaga kerja dari alumni AMIKOM. Selain itu, lanjut Kusnawi, PT Pustaka Insan Mandiri siap menampung mahasiswa maupun alumni STMIK AMIKOM Yogyakarta untuk magang dan bekerja di perusahaan tersebut.

Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia PT Pustaka Insan Madani Anna Maria LA mengatakan, selama ini para alumni STMIK AMIKOM Yogyakarta sering mendominasi pendaftar saat perekrutan tenaga kerja IT di Pustaka Insan Madani. Tercatat, ada dua alumni STMIK AMIKOM yang bekerja di perusahaan tersebut. (priyo setyawan)

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini