Share

AMIKOM Raih Dua Award Inaicta 2012

(koran Sindo), Koran SI · Senin 17 September 2012 09:37 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 17 373 690766 9RJ5j42Fil.jpg Ilustrasi : Corbis

YOGYAKARTA – Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta kembali menorehkan prestasi dalam ajang Indonesia Information and Communication Award (Inaicta) 2012 yang digelar di Jakarta Covention Center (JCC), Jumat dan Sabtu (14-15/9). Dari 17 kategori yang dilombakan, AMIKOM berhasil meraih dua kategori, yakni e-learning dan animation.

Kepala Penelitian, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STMIK AMIKOM Yogyakarta Heri Sismoro mengatakan, kemenangan dalam dua kategori sekaligus ini adalah kali pertama bagi AMIKOM.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Dalam pelaksanaan sebelumnya, AMIKOM hanya memenangkan satu kategori. “AMIKOM menjadi pemenang dalam kategori e-learning, lewat karya integrated university dan kategori animation dengan karya 2D Battle of Surabaya,” kata Heri, kemarin.

AMIKOM mengikuti Inaicta sejak 2006. Selama keikutsertaannya, sekolah tinggi ternama tersebut selalu mendapatkan nominasi dan memenangkan salah satu kategori. Penyelenggaraan Inaicta bertujuan mencari bibit baru di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ada 17 kategori yang akan dilombakan, di antaranya e-learning, animation, robot aplikatif, digital entertainment, dan bisnis digital.

Ketua tim sekaligus Kepala Penjamin Mutu STMIK AMIKOM Yogyakarta Rudyanto Arif mengatakan, dalam ajang Inaicta 2012, pihaknya mengirimkan sembilan karya. Karya itu merupakan hasil seleksi dari ajang AMIKOM Information and Communication Technology Award (AMICTA) 2012. Dari sembilan karya tersebut semuanya masuk nominasi.

“Inaicta diikuti 1.595 peserta. Mereka berasal dari individu, kelompok, dan profesional. Yang berhasil masuk finalis ada 136 karya, sembilan di antaranya berasal dari AMIKOM,” ungkapnya.

Para pemenang Inaicta 2012 rencananya akan dikirimkan mengikuti ajang serupa dalam lingkup yang lebih besar, yakni Asia Pasific ICT Award (APICTA). Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan, selain diharapkan turut membangun ekosistem TIK Indonesia, ajang Inaicta dapat meningkatkan volume bisnis TIK di Indonesia, sekaligus mewujudkan visi Indonesia digital pada 2018. (priyo setyawan)

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini