nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rieke "Oneng" Ajak Mahasiswa Buat Fraksi Balkon

Iman Herdiana, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2012 08:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 07 31 373 670911 GZRpGMmtR9.jpg Foto: Iman Herdiana/Okezone

BANDUNG - Politikus PDI Perjuangan yang juga Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Dyah Pitaloka, mengajak mahasiswa dan buruh untuk terjun dalam gerakan politik untuk mencapai perubahan. Karena dengan melakukan gerakan politiklah perubahan akan didapat.

"Sekarang saya sedang ajak organisasi gerakan buruh jadi gerakan politik, organisasi mahasiswa juga supaya jadi gerakan politik," kata Rieke, dalam diskusi bertema "Membedah Sistem Politik Indonesia" di Aula Suradiredja Universitas Pasundan (Unpas) Lengkong Besar, Bandung, kemarin.

Meski demikian, Rieke menampik imbauannya merupakan ajakan untuk masuk ke partai politik, melainkan sebatas gerakan. "Karena hanya gerakan politik yang bisa melakukan perubahan pada sistem politik," ujar politikus yang melejit lewat perannya sebagai Oneng dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri ini.

Rieke mengimbuh, lewat gerakan politik akan diketahui arah perubahan suatu bangsa. Dia berharap mahasiswa jangan hanya berteriak-teriak berwacana, tetapi juga turut terjun melakukan perubahan dengan melakukan tekanan langsung kepada sistem politik.

Untuk itu, Rieke menyarankan supaya mahasiswa menjadi fraksi balkon, maksudnya ikut mengawasi kinerja DPR dan pemerintah dengan datang langsung ke balkon di Gedung DPR di Senayan, Jakarta.  "Silahkan mahasiswa bangun fraksi balkon. Di DPR kan ada sembilan fraksi, tetapi masih ada satu lagi fraksi balkon," ajaknya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini