Share

Unjani Terapkan Kurikulum Berbasis Militer

Selasa 04 September 2012 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 04 373 684696 KNHwYA7GPF.jpg Ilustrasi: ist.

CIMAHI – Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) akan mengembangkan kurikulum berkarakter militer pada seluruh program studinya. Karakter militer yang melekat pada Unjani diharapkan menjadi jati diri universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi itu.

Rektor Unjani Bambang Sutjiatmo berkata, mulai 2013, Unjani akan memberlakukan kurikulum baru pada setiap program studinya. Kurikulum baru yang dimaksud adalah dengan memasukan karakter militer yang dikenal tinggi tingkat kedisiplinannya.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

"Sikap disiplin tinggi yang diterapkan pada militer akan diaplikasikan dalam pengembangan pendidikan di Unjani," ungkap Bambang seusai mengukuhkan mahasiswa baru Unjani, di kampus Unjani, kemarin.

Tidak hanya sikap disiplin yang akan diterapkan, pihaknya pun akan mengarahkan sejumlah program studi untuk pengembangan militer di negara ini. Bambang menyebut, fakultas teknik Unjani akan menjadi pionir sebagai fakultas yang mengkhususkan diri pada pengembangan teknologi militer.

"Seperti halnya dalam pengembangan alutsista, mereka akan berusaha untuk mengembangkan alutsista berteknologi tinggi," katanya.

Pihaknya akan bekerja sama dengan PT Pindad, PT DI, dan PAL dalam pengembangan teknologi militer. Unjani akan mengirimkan dosen-dosennya untuk menimba ilmu di perusahaan- perusahaan tersebut berikut mahasiswanya melalui program kerja praktik.

"Karakter militer akan menjadi jati diri Unjani. Selain itu, Unjani akan memiliki nilai jual tinggi di tengah-tengah masyarakat," jelas Bambang. (agung bakti sarasa/koran si)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini