Share

Jelang Kedatangan Emir Qatar, Gaza Diserang Bom

Aulia Akbar, Okezone · Selasa 23 Oktober 2012 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 23 412 708018 nB4aNxwZGL.jpg Foto : Gaza menjelang kedatangan Emir Qatar (AP)

YERUSALEM - Militer Israel mendengar adanya ledakan bom di sekitar perbatasan Gaza dan Israel, menjelang kedatangan Emir Qatar Syekh Hamad bin Khalifa al-Thani. Ledakan bom itu juga melukai personil militer Israel.

Luka yang dialami oleh personil militer cukup serius. Namun pihak Israel menolak untuk berkomentar lebih lanjut mengenai insiden pengeboman itu. Demikian, seperti diberitakaan Associated Press, Selasa (23/10/2012).

Tepat pada hari ini, Sheikh Hamad dipastikan sampai di Gaza. Kunjungan itu menjadi kunjungan simbolis pertamanya di wilayah yang dikuasai oleh fraksi Hamas itu. Syekh Hamad juga akan dinobatkan sebagai kepala negara pertama yang mengunjungi Gaza sejak 2007 silam.

Selain mengadakan kunjungan simbolis, Syekh Hamad berniat meresmikan proyek senilai USD250 juta atau sekira Rp2 triliun. Perdana Menteri Hamas Ismail Haniyeh turut meminta seluruh warga Gaza agar menyambut Pemimpin Qatar dengan ramah.

Jalanan di Gaza saat ini sudah dipenuhi dengan bendera-bendera Qatar. Dipampang pula poster bergambar foto wajah Sheikh Hamad. Hamad dipastikan mendarat di Bandara El-Arish Mesir dan memasuki Gaza lewat perbatasan Rafah.

Fraksi Hamas turut merasakan adanya angin perubahan lewat kunjungan Sheikh Hamad ke Gaza. Hal itu disebabkan karena, selama ini negara Barat selalu memandang fraksi Palestina itu sebagai kelompok teroris. Sejauh ini, banyak media yang menyebut kunjungan Hamad ke Gaza sebagai bentuk dari kemenangan Hamas.

(AUL)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini