Share

Ini Peninggalan Dede Yusuf di Gedung Sate

Oris Riswan, Okezone · Jum'at 14 Juni 2013 23:09 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 14 526 822164 e9offoNOLU.jpg Dede Yusuf

BANDUNG- Dede Yusuf ternyata punya peninggalan tersendiri di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat. Saat menjadi wakil gubernur, Dede mewujudkan beberapa idenya untuk membenahi Gedung Sate agar lebih cantik.

Setidaknya ada tiga lokasi yang akan selalu dikenang, terutama bagi pekerja di area Gedung Sate. Pertama adalah air mancur yang ada di halaman Gedung Sate. Air mancur itu berada di taman bagian depan. Keberadaannya menambah keasrian suasana Gedung Sate.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Saya bersyukur, selama ada di sini ada beberapa perubahan. Sekarang ada air mancur di sini (Gedung Sate - red). Itu ide saya," ujar Dede di Bandung, Jumat (14/6/2013).

Kedua adalah kantin di basement Gedung Sate. Awalnya kantin itu terbilang pengap, penerangannya pun seadanya. Kantin itu merupakan satu-satunya kantin di Gedung Sate dan jadi tempat makan favorit para PNS.

Dede kemudian mencetuskan ide untuk melakukan renovasi. Akhir tahun lalu, kantin direnovasi, dan awal 2013 kantin Gedung Sate tampil lebih cantik, bersih, dan tidak pengap.

"Kantin sekarang sudah diubah jadi lebih nyaman. Waktu dulu masuk ke sana, pengap. Sekarang lebih manusiawi. Ini sebuah peninggalan. Jadi kalau besok-besok makan di kantin jadi ingat Dede Yusuf," kelakarnya.

Tempat ketiga peninggalan Dede adalah press room alias ruang kerja untuk wartawan peliput di Gedung Sate. Sebelum Dede menjabat, wartawan di sana tidak punya ruangan khusus.

"Sekelas Istana saja punya press room, masak Gedung Sate tidak punya. Makanya saya usahakan ada press room, walaupun kecil," jelasnya.

Selain peninggalan itu, ada juga peninggalan lain yang sekarang jadi tradisi di kalangan PNS. Di awal-awal jabatannya, Dede mengaku heran dengan cara hormat para PNS pada pimpinan. Apalagi banyak PNS yang jauh lebih tua darinya.

"Dulu PNS kalau memberi hormat sampai membungkuk banget. Saya minta kalau memberi hormat cukup menganggukkan kepala saja, tidak perlu membungkuk. Alhamdulillah sekarang mereka memberi hormat dengan tata cara yang lebih baik," tutur Dede.

Dia pun mengucapkan terima kasih pada semua pihak, terutama para PNS dan orang-orang yang selama ini membantunya saat menjabat. "Saya benar-benar merasakan sebuah kebahagiaan selama ada di sini," pungkas Dede.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini