Share

Universitas yang Bagus itu Bagaikan "Kota Intelek"

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Jum'at 11 Oktober 2013 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 11 373 880458 Ycr3JlbSPZ.jpg Ilustrasi: Reuters.

JAKARTA - Universitas atau kampus merupakan tempat atau sarana untuk mendidik generasi mendatang yang berintegritas dan bermoral. Kampus juga menggembleng mahasiswanya untuk memiliki daya juang dalam menjalani kehidupan setelah lulus kuliah. Tapi, jika fasilitas-fasilitas di setiap kampus minim, maka lulusannya pun cenderung tidak mempunyai integritas.

Pengamat Pendidikan Soedijarto mengatakan, universitas yang benar-benar berkualitas ibarat sebuah "Kota Intelek". Artinya, satu universitas itu dipenuhi oleh mahasiswa yang berintelek.

"Universitas kita itu hanya sebagai tempat kuliah. Universitas yang benar-benar berkualitas itu seperti 'Kota Intelek',  dosen juga tidak hanya mengajar tapi juga meneliti," ujar Soedijarto saat dihubungi Okezone, Jumat (11/10/2013).

Guru Besar (Gubes) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini membandingkan fasilitas universitas di Indonesia dengan di negara lain, sebut saja Amerika Serikat (AS).

"Di AS, fasilitas kampus memadai. Fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas dari dosen sehingga mereka tidak bisa main-main kecuali weekend,” ucapnya.

Di Indonesia, kata Soedijarto, gedung sebagian kampus tidak bagus atau tidak memadai. Bahkan, ada kampus yang tidak memiliki lahan parkir.

"Jadi, pemerintah tidak ada usaha untuk memenuhi fasilitas perguruan tinggi, padahal anggaran pendidikan besar. Kalau fasilitasnya minim, tidak membuat mahasiswa menjadi berintegritas ketika lulus kuliah nanti dan ini menjadi masalah," ungkapnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini