Mau Jadi Wartawan Jangan Gampang Nyerah!

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Selasa 22 Oktober 2013 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2013 10 22 373 885320 suuDjNMiLh.jpg Pemimpin Redaksi (Pemred) RCTI Arief Suditomo. (Foto: Runi Sari/Okezone)

JAKARTA - Bagaimana ya jika sudah bolak-balik melamar menjadi jurnalis tapi selalu gagal? Kira-kira hal apa sih yang membuat mereka selalu gagal untuk menekuni profesi itu? Lalu apa yang harus mereka lakukan agar bisa diterima sebagai jurnalis?

Pemimpin Redaksi (Pemred) RCTI Arief Suditomo membeberkan tips-tipsnya jika kalian ingin diterima sebagai jurnalis oleh sebuah perusahaan media massa. Salah satunya jangan mudah menyerah.

"Harus gaul. Gaul di sini dalam artian, seseorang harus aktif supaya mendapatkan jaringan lebih luas lagi, seperti teman," ujarnya saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Selain itu, pastikan kalian mengetahui banyak informasi tentang lowongan event-event seperti job fair, karena biasanya sangat-sangat bermanfaat.

"Kadang-kadang dalam berbagai macam kesempatan, kita dapat pekerjaan bukan dari koran saja, tapi informasi dari teman juga. Dari situ harus kita lakukan," ucap News Anchor Seputar Indonesia itu.

Di sisi lain, Arief menambahkan, menjadi seorang jurnalis harus mempunyai passion. Bila tidak memiliki passion untuk membawakan sebuah berita, maka akan sulit.

"Kalau ingin jadi jurnalis hanya ingin terkenal saja lebih baik jangan. Harus punya hasrat untuk bisa menjadi jurnalis. Artinya, ada hal-hal yang ingin dia lakukan, misalnya suka menulis, suka mewawancara, suka mengejar narasumber. Dia ingin tahu tentang berbagai macam hal, dan dia ingin memberitakan berita, itu passion," ujarnya.

Setelah mempunyai hasrat untuk terjun menjadi jurnalis, kalian pun harus mempunyai modal yang kuat. Bukan dalam bentuk materi, namun lebih kepada modal fisik, apakah kuat atau tidak. Kemudian mempunyai keinginan yang besar untuk membaca dan terus belajar.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini