Afsel Bangun Patung Mandela Terbesar di Dunia

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Selasa 17 Desember 2013 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 17 414 913279 G6zb6Bnz0K.jpg Patung Mandela (Foto:Reuters)

PRETORIA  – Patung Perunggu mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela, setinggi sembilan meter (m) resmi diresmikan di Afsel pada Senin, 16 Desember 2013. Patung tersebut diresmikan sehari setelah Mandela dimakamkan.

Patung Mandela yang sedang membuka tangannya merupakan simbol rekonsiliasi dan persatuan di Afsel yang diperjuangkannya semasa hidup.

Patung Mandela seberat 4,5 ton ini merupakan Patung Mandela terbesar di dunia. Patung tersebut diresmikan di halaman puncak bukit Union Building yang berada di ibukota Afsel, Pretoria.

“Kami membaringkan ‘tata’ di Qunu kemarin. Hari ini, dia bangkit di kursi pemerintahan, sebagai simbol perdamaian, rekonsiliasi, persatuan dan kemajuan,” ucap Presiden Afsel Jacob Zuma, saat memberi pidato peresmian patung Mandela, seperti dikutip reuters, Selasa (17/12/2013).

“Tata” adalah sebutan ayah dalam bahasa Xhosa. Masyarakat Afsel telah menganggap Mandela sebagai ayah dari Afsel yang baru. Prestasinya sebagai Presiden kulit hitam Afsel pertama dan penghapusan sistem Apartheid membuat Mandela pantas dipanggil Tata.

Peresmian Patung Mandela juga bertepatan dengan hari rekonsiliasi Afsel yang merupakan hari libur nasional. Pada tanggal 16 Desember 1990, Mandela berpidato tentang rekonsiliasi dan penghapusan politik rasisme sesaat setelah dirinya dibebaskan dari penjara. Pidato tersebut membawa harapan besar bagi Afsel.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini