Penerjemah Palsu Mandela Dibawa ke RS Jiwa

Andreas Gerry Tuwo, Okezone · Kamis 19 Desember 2013 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 19 414 914711 tnXZ4SzC5o.jpg Thamsanga Jantjie (Foto : Sydney Morning Herald)

JOHANNESBURG - Penerjemah tuna rungu yang bertugas saat upacara penghormatan Mandela, dilaporkan dibawa ke rumah sakit jiwa. Sebelumnya, Thamsanga Jantjie mengaku menderita skizofrenia.

Jantjie menyulut kemarahan dunia setelah dirinya salah menerjamahkan kata-kata dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan cucu Nelson Mandela. Sejumlah ahli bahasa isyarat menyebut Jantije hanya mengeluarkan gerakan tubuh yang lucu di atas panggung.

Melihat apa yang dilakukan Jantije, sang istri menyarankan Jantjie untuk memeriksa kondisinya ke RS jiwa terdekat. Setelah dilakukan pemeriksaan Jantije segera dirujuk untuk mendapat perawatan di RS jiwa tersebut

"Beberapa hari lalu sangat berat bagi kami. Kami mendukung dia karena mungkin sedang dalam kondisi hancur saat ini," ujar istri Jantjie, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (19/12/2013).

Sebenarnya, Jantjie telah dijadwalkan untuk memeriksa kondisinya sebelum acara penghormatan Mandela. Tetapi semua dibatalkannya, ketika dia terpilih menjadi penerjemah tuna rungu dalam acara penghormatan Mandela.

Jantjie mengakui dirinya merupakan ahli dalam bahasa isyarat. Namun semua menjadi berantakan saat dia menderita skizofrenia tepat di upacara penghormatan Mandela.

"Saya melihat malaikat jatuh dari atas stadion. Saya mendengar suatu suara dan konsentrasi saya seketika hilang," jelas Jantjie.

Akibat dari perilaku memalukan Jantjie, Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) harus meminta maaf ke komunitas tuna rungu di seluruh dunia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini