Share

Golkar Coba Kuasai Setgab

Tegar Arief Fadly, Okezone · Sabtu 04 Januari 2014 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 04 339 921593 0f0epaRuzu.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Partai Golkar diprediksi akan menguasai segala kebijakan yang diputuskan di Sekretariat Gabungan (Setgab) koalisi, setelah beberapa partai anggota Setgab sering tidak sependapat dengan Partai demokrat.  

 

"Selama ini yang berkepentingan untuk menguasai Setgab adalah Golkar. Seringkali Golkar bermanuver," kata pengamat politik Charta Politica, Arya Fernandez saat dihubungi Okezone di jakarta, Jumat (3/1/2014).

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

 

Bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar memang sering berseberangan dengan Partai demokrat, terutama dalam hal kasus bail out Bank Century.

 

Menurut Arya, pengamalan politik yang matang membuat partai beringin itu berani sering membangkang keputusan Setgab. "Iya itu, selain itu juga Golkar suaranya terbesar dalam Pemilu lalu setelah Partai demokrat," sambungnya.

 

Sementara itu untuk PKS, kata Arya, sering berseberangan dengan Partai Demokrat karena PKS mengantisipasi hilangnya basis massa dukungannya yang mayoritas masyarakat perkotaan.

 

Masyarakat perkotaan, tambah dia, cenderung lebih memperhatikan perkembangan politik nasional, termasuk kasus-kasus korupsi. Hal inilah yang dijaga PKS yang menempatkan diri sebagai partai bersih, berbeda dengan Partai Demokrat yang dirundung kasus korupsi.

 

"PKS sadar bahwa kelas menengah, orang-orang perkotaan adalah orang-orang yang ketidakpuasannya kepada pemerintah tinggi. Jadi kalau ada kesan PKS tunduk pada Demokrat jadi suaranya berkurang. PKS mbalelo itu adalah strategi untuk mempertahankan basis massanya," papar Arya.

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini