nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kenangan Tak Terlupa Wiranto saat Naik Andong

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 07 Maret 2014 14:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 03 07 510 951504 WYkHJnSoLu.jpg Wiranto usai menyerahkan Hanura Award di Malioboro (Foto: Prabowo/okezone)

YOGYAKARTA - Kereta kuda atau andong merupakan moda transportasi zaman dahulu. Seiring perkembangan zaman, moda transportasi semakin berubah bahkan sampai menggunakan mesin.

Meski andong masih ada di tengah masyarakat Yogyakarta, namun moda transportasi itu berubah untuk dunia pariwisata. Artinya, moda transportasi tersebut untuk kepentingan wisatawan.

"Kalau zaman dulu memang ke mana-mana naik andong, tapi sekarang sudah berubah pada sektor wisata, seperti yang ada di Malioboro," kata calon Presiden dari Partai Hanura, Wiranto, di Yogyakarta, Jum'at (7/3/2014).

Wiranto mengaku memiliki kenangan tersendiri saat menaiki andong. "Saya lahir di Yogya, 67 tahun lalu (4 April 1947), baru usia 28 hari naik andong menuju Solo. Sampai di Klaten, kudanya mati," kelakar Wiranto kepada Surahman, salah satu kusir andong di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta.

Pantauan Okezone, Wiranto terlihat asik 'ngobrol' dengan Surahman di atas kereta kuda. Surahman yang menjadi kusir andong sejak 1975 itu menyampaikan unek-uneknya pada Wiranto. Dia mengaku senang dengan andongnya dinaiki Calon Presiden.

"Semoga besok sukses memimpin negeri ini," doa Surahman kepada Wiranto.

Wiranto sempat memberi Surahman Award Hati Nurani Rakyat. "Ini sedikit uang untuk berobat kalau sakit, beli pakan kuda biar sehat," celetuk Wiranto.

Setelah melakukan percakapan, Wiranto meminta Surahman untuk mengantar ke Masjid Syuhada di Kota Baru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Keduanya langsung bergegas meninggalkan Malioboro menuju Masjid untuk menunaikan salat Jumat.

Sebelum pergi, beberapa pedagang kaki lima dan masyarakat sekitat terlihat meminta foto bersama dengan Wiranto. Dengan penuh keramahan, Wiranto yang mengenakan baju putih pun mengumbar senyum.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini