nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di SGU, Mahasiswa Semester 3 Udah Boleh Magang

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Jum'at 28 Maret 2014 21:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 03 28 373 962423 yUZnrxIsMw.jpg Ilustrasi logo SGU (dok.SGU)

JAKARTA - Program studi (prodi) atau jurusan yang baru diadakan di sebuah fakultas di kampus pasti biasa-biasa saja. Tapi tidak untuk Swiss German University (SGU) yang memiliki prodi baru di Fakultas Life Sciences and Technology, yaitu Sustainable Energy and Environment.

Kira-kira seperti apa ya Sustainable Energy and Environment itu? Vice Rector Akademic SGU Filiana Santoso mengatakan, tidak ada perbedaan mencolok antara lulusan SGU dengan kampus lain. Para mahasiswanya tetap harus menempuh minimal empat tahun kuliah untuk meraih gelar sarjana.

"Yang beda di SGU adalah kuliah satu tahun off kampus. Ketika semester tiga sudah bisa kerja magang di perusahaan-perusahaan energi di Indonesia. Kami tidak hanya melihat teori dan praktiknya saja, tapi juga dilihat dari etos kerja," ujar Filiana di Gedung Pusat PT Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014).

Maka, lanjutnya, ketika mahasiswa lulus dan sudah ada pengalaman kerja, mereka bisa bekerja sama dengan lingkungan sekitar. Filiana optimistis, dengan bekal tersebut, para mahasiswa SGU bisa bersaing dengan tenaga kerja lain baik dalam skala nasional maupun internasional.

"Tentu lulusan-lulusan kami bisa bersaing dalam menghadapi ASEAN Economic Cooperatif (AEC) 2015 karena seluruh perkuliahan dengan Bahasa Inggris menjadi modal utama. Selain bahasa Inggris, kami juga berikan bahasa Jepang," paparnya.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini