Perjalanan Panjang Raja Juan Carlos

Angga Mahaputra, Okezone · Senin 02 Juni 2014 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 02 414 992956 yQMntjVedh.jpg Raja Spayol Juan Carlos (Foto: Reuters)

MADRID - Raja Spanyol  Juan Carlos akhirnya memilih untuk turun takhta pada Senin 2 Juni 2014. Perjalanan panjang mengikuti Raja Juan Carlos hingga akhirnya dia memilih menyerahkan singgasananya.

Raja yang memiliki nama Juan carlos Alfonso Victor María de Borbón y Borbón - Dos Sicilias memiliki moto hidup yakni,  Non nova , sed nove  yang berarti tidak hal-hal baru, tetapi dengan cara yang baru.

Moto tersebut digunakan saat dirinya menjabat sebagai Raja Spanyol.

Mengutip Wikipedia, Senin (2/6/2014), selama proses perjalanan sebagai Raja Spanyol, Carlos sudah melakukan melakukan banyak perubahan di Negeri Matador itu. Carlos tidak segan membongkar rezim pemerintahan Jenderal Franco dengan menuju sistem  demokrasi.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan Referendum Konstitusi Spanyol pada 1987. Selama dirinya berkuasa, Carlos dianggap sebagai anggota monarki yang paling popular.

Carlos lahir pada 5 Januari 1938.Dia menjabat sebagai raja pada 22 November 1975 menggantikan posisi seorang diktaktor Spanyol, Jenderal Francisco Franco yang mempimpin sejak 1931.

Rencananya  Raja Juan Carlos akan digantikan posisinya oleh Putra Mahkotanya, Felipe sebagai raja berikutnya yang disampaikan oleh Perdana Menteri (PM) Spanyol, Mariano Rajoy pada hari ini.(ang)

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini