nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Dilantik, 50 Anggota DPRD Kota Semarang 'Disantet'

Mustholih, Jurnalis · Kamis 14 Agustus 2014 11:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 08 14 512 1024358 b5ikzjLdOr.jpg 'Dukun' beraksi saat pelantikan anggota DPRD Kota Semarang (Mustholih/Okezone)

SEMARANG - Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Semarang resmi dilantik, hari ini. Mereka diambil sumpah jabatan untuk periode 2014-2019 oleh pegawai Pengadilan Negeri Semarang disaksikan Wali Kota Hendrar Prihadi.

Para anggota dewan ini dilantik di Gedung DPRD Kota Semarang pada pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB. Namun, pelantikan mereka diwarnai aksi demonstrasi massa yang tergabung dalam aliansi Serikat Rakyat Semarang Tuntut Mandat Rakyat.

Sebanyak kurang lebih 30 orang berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Kota Semarang karena merasa gelisah para anggota dewan terpilih itu tidak lebih baik dengan para wakil rakyat periode sebelumnya.

"Kota Semarang memiliki pengalaman buruk terkait kinerja wakil rakyat. Sebagai contoh adalah peristiwa tangkap tangan kasus suap antara sekda dengan anggota DPRD pada 2011," kata koordinator aksi, John Arie Nugroho, dalam orasinya, Kamis (14/8/2014).

John menambahkan, mereka menuntut agar wakil rakyat yang baru dilantik benar-benar menunjukkan transparansi dan akuntabiltas serta melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah Kota Semarang.

"Berkomitmen untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi, memperjuangkan APBD yang pro-terhadap kepentingan rakyat miskin Kota Semarang," ungkap John menambahkan.

Demontrasi berlangsung hingga pelantikan anggota DPRD Kota Semarang selesai. Dalam aksi tersebut, seorang laki-laki paruh baya bertelanjang badan menyaru sebagai dukun yang sedang melakukan ritual santet.

Bibirnya komat-kamit membaca mantera dan tangannya bergerayangan di atas tampah berisi bunga tujuh rupa. Tujuannya adalah menyantet para anggota dewan terpilih tersebut.

John menyatakan, rakyat Kota Semarang perlu memastikan bahwa fungsi dewan berjalan baik dan mampu mewakili mereka. "Jangan sampai anggota DPRD melakukan perselingkuhan elit dengan pemerintah Kota Semarang," ungkap John.

Di tempat terpisah, usai pelantikan, anggota DPRD terpilih dari Partai Amanat Rakyat, Sovan Haslin Pradana, berkoar bakal benar-benar memperjuangkan aspirasi warga Semarang.

"Dari kemarin sudah belajar fungsi legislasi, fungsi budgeting. Jadi kita akan langsung turun ke masyarakat," kata Sovan di gedung DPRD Kota Semarang.

Sovan membidik Komisi D DPRD Kota Semarang. Alasannya, ia ingin berkonsentrasi pada pendidikan dan kesehatan warga Kota Semarang. "Fokus pada kesehatan dan pendidikan. Dalam kesehatan, saya ingin turun ke bawah apa yang dibutuhkan masyarakat kayak Jamkeskot," ungkap Sovan.

Berdasarkan rapat pleno hasil Pemilihan Legislatif 2014, KPU Kota Semarang menetapkan sebanyak 50 orang sebagai anggota legislator terpilih. Perinciannya sebagai berikut:

Dapil I, 7 kursi

PKS:  Ir Johan Rifai

PDIP: Joko Susilo, HM Rukiyanto

Golkar: Erry Sadewo

Gerindra: Dr Wilujeng Riningrum

Demokrat: Lazer Narendra

Pan: Sovan Haslim Pradana

Dapil II, 9 Kursi

Nasdem: H Windu Basuki

PKB: Syahrul Qirom

PKS: H Ari Purbowo

PDIP: Trifena Weyaten, Supriyadi, Dwi Wahyu Diyanto

Golkar: Nabila

Gerindra: Joko Santoso

Demokrat: Swasti Aswaganti

Dapil III, 11 kursi

PKB : Sodri

PKS: Imam Mardjuki

PDIP: Hanik Khoiru Solikah, Dyah Ratna Harimurti, Meidiana Koswara

Golkar: Wisnu Pudjonggo

Gerindra: Nunung Sriyanto, Muhammad Chafid

Demokrat: Sugi Haryanto

PAN: Adiarto Suryo Kusumo

PPP: Hasan Basri

Dapil IV, 7 kursi

PKB: H M Rohaini

PKS: Agung Budi Margono

PDIP: Dibyo Sutiman, Fajar Rinawan Sitorus

Golkar: Agung Priyambodo

Gerindra: Suharto Masri

Demokrat: Danur Rispriyanto

Dapil V, 9 Kursi

PKB: Unna Aliana

PKS: Agus Riyanto Slamet

PDIP: Nungki Sundari, Vdjoko Riyanto, Sugihartini

Golkar: Anang Budi Utomo

Gerindra: Hermawan Sulis Susnarko

Demokrat: Suciati

PAN: Umi Surotud Diniyah

Dapil VI, 7 kursi

PKS: Suharsono

PDIP: Kadarlusman, R.Yuwanto

Gerindra: Mualim

Demokrat: Wiwin Subiyono

PAN: Wachid Nurmiyanto

PPP: Syafi’i

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini