Share

Gempa 6 SR Landa California

Fajar Nugraha, Okezone · Minggu 24 Agustus 2014 20:23 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 24 414 1029181 4Ct1W2DPQi.jpg Gempa 6 SR Landa California (Foto: Associated Press)

CALIFORNIA - Gempa berukuran 6 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah utara California, Amerika Serikat (AS). Gempa ini merupakan yang terbesar sejak 1989 silam.

Gempa tersebut melanda Minggu 24 Agustus 2014 sekira pukul 3.30 pagi waktu setempat, atau Minggu malam waktu Indonesia. Pusat gempa diketahui berada di sekira 16 kilometer barat laut American Canyon. Gempa ini juga tidak jauh dari wilayah perkebunan anggur California di Napa.

"Ini adalah gempa yang terkuat sejak gempa Loma Prieta yang terjadi pada 1989 silam. Saat itu gempat mengguncang wilayah California dengan kekuatan 6,9 SR," pernyataan Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip Associated Press, Minggu (24/8/2014).

Guncangan gempa menyebabkan alarm mobil milik warga di sekitar Bay Area berbunyi. Sementara warga di wilayah Sonomo berlarian keluar di tengah kegelapan.

Beberapa tempat di wilayah Sonomo pun dilaporkan mengalami mati listrik. Sementara Associated Press melaporkan bahwa ada beberapa kerusakan diakibatkan oleh gempa. Namun tidak diketahui seberapa besar kerusakan tersebut.

Pemerintah setempat belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa. Pihak USGS memastikan gempa yang melanda termasuk dalam kategori gempa dangkal.

USGS menambahkan, pusat kedalaman gempa mencapai 11,2 kilometer (Km). Mereka juga mencatat beberapa gempa susulan terasa di wilayah Napa.

(faj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini