Share

Dihantam Gempa, California Umumkan Keadaan Darurat

Hendra Mujiraharja, Okezone · Senin 25 Agustus 2014 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 25 414 1029310 9ecBSxV2dm.jpg Rumah runtuh California setelah terkena gempa. (foto: Reuters)

SAN FRANCISCO – Sebuah gempa dengan kekuatan 6,0 skala richter (SR) menghantam California, Amerika Serikat (AS), Minggu kemarin. Setelah gempa itu, California langsung dinyatakan dalam keadaan darurat.

 

Gurbernur California Jerry Brown langsung mengumumkan keadaan darurat setelah Napa bagian selatan terkena gempa. Pusat gempa memang terletak di enam kilo selatan-barat daya dari Napa, California dan 51 kilometer sebelah barat-barat daya dari ibu kota negara bagian, Sacramento.

 

Kekuatan gempa pun masih simpang siur. Ada pejabat yang mengatakan kekuatan gempa mencapai 6,0 SR, sementara beberapa lainnya menyebutkan gempa mengguncang memiliki kekuatan 6,1 SR.

 

 

Menurut laporan ABC News, Senin (25/8/2014), beberapa gedung di Napa terlihat hancur atau kebakaran setelah terkena gempa.

 

"Kami memiliki beberapa struktur yang mengalami kebakaran dan kita sudah berhadapan dengan -total sekitar enam tempat yang terkena gempa," ungkap John Callanan, dari Dinas Pemadam Kebakaran Napa Valley kepada wartawan.

 

“Dalam salah satu insiden tersebut, melibatkan sekitar enam rumah dan mobil secara bersama-sama, jadi itu satu insiden tunggal. Sementara empat dari enam rumah benar-benar rusak. Dua lainnya hanya mengalami beberapa kerusakan besar,” lanjutnya.

 

Akibat gempa tersebut, ada 80 orang yang dirawat di Valley Medical Centre di Napa. Demikian kata petugas pemadam kebakaran Kota Napa Darren Drake. Tiga orang dinyatakan kritis.

 

Termasuk seorang anak kecil yang mengalami terluka setelah mengalami kecelakaan saat kebakaran. Callanan menambahkan, situs Kota Napa juga puluhan saluran gas dan air mengalami kebocoran. Meski demikian, para penjabat mengatakan air tetap aman untuk diminum.

 

Pengawas Daerah Napa Bill Dodd percaya, daerahnya telah dipersiapkan untuk menghadapi gempa bumi ini. “Saya pernah mengalami hal seperti ini dan saya belum pernah melihat yang seperti ini, termasuk di Kota Napa,” ujar Dodd.

 

“Bangunan di daerah ini rusak total dan mereka telah memindahkan penghuninya ke kantor sherrif. Sehingga, disitulah pusat koordinasi semua layanan darurat untuk wilayah Napa,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama sudah diberitahu mengenai insiden itu. (hmr)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini