Perjuangan Penyandang Difabel Geluti Usaha Bengkel

Budi Sunandar, Sindo TV · Minggu 12 Oktober 2014 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 12 340 1051154 xSFto8BZ4L.jpg Perjuangan Penyandang Difabel Geluti Usaha Bengkel (dok Okezone)

PADANG - Memiliki anggota tubuh yang tidak sempurna (difabel), tidak harus membuat minder dan mengharap belas kasihan orang lain. Di Padang, Sumatera Barat, hanya dengan menggunakan satu tangan, Wismar sukses membuka usaha bengkel tambal bannya.

Hanya dengan mengandalkan kaki dan satu tangannya pria ini bisa berpenghasilan ratusan ribu rupiah setiap harinya.

Pria berusia 50 tahun asal Solok Selatan ini, sudah delapan tahun menggeluti usahanya di bengkel motor dan mobil miliknya, yang terletak di pinggir Jalan Raya Kampung Binuang, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Meski Wismar memiliki anggota tubuh yang tidak sempurna, karena harus kehilangan satu tangannya, akibat kecelakaan yang dialaminya delapan tahun silam. Namun, keterbataasan tersebut tak membuatnya kesulitan menekuni pekerjaannya. 

Dengan cekatan, Wismar melakukan pekerjaan mengutak-atik kendaraan yang didapatinya secara otodidak. Seperti yang terlihat, pria yang dulunya berprofesi sebagai sopir bus ini dengan lihai membuka dan menambal ban kendaraan roda dua dan roda empat.

Mengandalkan satu tangan dan kedua kakinya, Wismar bisa melakukan pekerjaannya membengkel layaknya orang normal. Kekuranganya ini tak lantas membuat pria ini menjadi pesimis menjalani hidup.

Dalam satu hari, ayah lima anak ini  bisa menghasilkan uang Rp100 - 300 ribu. Bahkan, ia sudah banyak memiliki pelangan tetap karena hasil kerjanya yang memuaskan dan cekatan

Pria paruh baya ini berharap, agar keahliannya dalam membuka bengkel sendiri dengan kondisi fisik yang tidak sempurna ini bisa menjadi motivasi bagi orang lain.(fid)

(ahm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini