Kisah Ibu Relakan Hatinya untuk Sang Anak

Markus Yuwono, Sindoradio · Kamis 01 Oktober 2015 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 01 510 1224327 kisah-ibu-relakan-hatinya-untuk-sang-anak-FU8TCLMY2U.jpg foto: ilustasi Okezone

YOGYAKARTA - Kisah inspirasi datang dari Yogyakarta, di mana seorang ibu rela mendonorkan hatinya bagi sang anak yang mengalami sakit Atresia Bilier atau kelainan hati. Tim RSUP Dr Sardjito Yogyakarta akan bekerjasama dengan tim dokter khusus cangkok hati dari Kyoto Jepang melakukan operasi cangkok hati tersebut.

Nama ibu itu adalah Dwi Purwanti. Perempuan ini rela memberikan hatinya untuk buah hatinya Adelia Dwi Cahyo yang berusia satu tahun hasil buah cintanya dengan Cagyo Kustaman.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Trisno Heru Nugroho mengatakan, Adelia menderita penyakit Atresia Bilier di mana hati si anak tidak mendapatkan aliran darah.

"Solusinya memang harus dicangkok," katanya saat dihubungi, Kamis (1/10/2015).

Dijelaskannya, untuk itu pihak rumah sakit mencari pendonor untuk dicangkokkan hati. Usai mendapat hasil pemeriksaan itu, tim dokter memberitahukan kepada Dwi Purwanti jika yang cocok untuk mencangkok hati ke anaknya ialah hati dirinya.

"Tidak bisa asal jika ingin di cangkokan," tandasnya.

Trisno mengatakan, nantinya dokter akan melakukan operasi yang tentunya dilakukan Tim RSUP Dr Sardjito Yogyakarta bekerjasama dengan tim dokter khusus cangkok hati dari Kyoto Jepang.

"Ada dua tim dokter yang akan melakukan operasi," ucapnya.

Diakuinya, untuk biaya operasi pencangkokan hati membutuhkan biaya Rp1,3 miliar. Namun demikian, pihaknya tetap akan melaksanakan cangkok hati demi menyelamatkan nyawa Adelia.

"Biayanya cukup besar, estimasinya Rp1,3 miliar," katanya.

Pihaknya berharap, Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) bisa memberikan keringanan kepada pasien, namun tidak menutup kemungkinan untuk bantuan dari pihak luar demi meringankan beban keluarga ini.

"Kalau ada yang membantu meringankan juga berterima kasih," katanya.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini