Image

Gus Solah Ajak Warga AS Mondok di Tebuireng

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis 11 Desember 2014 14:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 12 11 340 1077884 gus-solah-ajak-warga-as-mondok-di-tebuireng-0LlRmR46w2.jpg Gus Solah Ajak Warga AS Mondok di Tebuireng (foto: Okezone)

SURABAYA - Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) membuka kesempatan bagi warga Amerika Serikat (AS) untuk belajar ilmu atau nyantri di ponpes tersebut. Pasalnya, hingga saat ini sudah ada belasan santri Tebuireng yang belajar di AS.

Pernyataan Gus Solah ini disampaikan di depan Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr usai mengunjungi makam Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

"Sudah ada belasan santri Tebuireng yang belajar ke Amerika. Saya usulkan agar ada siswa Amerika juga belajar di Pesantren, mungkin untuk waktu tiga bulanan," kata Adik Kandung Gus Dur di Ponpes Tebuireng Jombang, Kamis (11/12/2014).

Menurutnya, dengan berada di pesantren akan menumbuhkan pola pikir yang sama dengan Gus Dur. Sebagai diketahui, Gus Dur tumbuh di lingkungan pesantren sehingga ajaran-ajarannya sampai saat ini diajarkan di pesantren. Selain itu, warga AS akan memiliki pengertian yang sama terkait masalah keberagaman, kemajemukkan, saling menghargai, dan toleransi.

"Saya usulkan kepada Pak Dubes. Silakan untuk ditindaklanjuti tawaran ini," katanya.

Warga Amerika belajar di Pesantren tentu akan lebih memahami bagaimana kehidupan pesantren di Indonesia. "Hal ini enggak ada masalah. Meskipun beda keyakinan tapi masih bisa hidup berdampingan," jelasnya.

Lebih jauh, Gus Solah menjelaskan ajaran-ajaran Gus Dur. Dia menganggap, Gus Dur adalah bibit unggul yang berada di lahan yang subur. Pola pikir Gus Dur itu didukung dari keluarga, pesantren dan Nahdhlatul Ulama (NU).

Aplikasi ajaran Gus Dur ini, katanya, merupakan terjemahan dari ajaran para Wali Songo dalam menyebarkan Islam melalui budaya dan tanpa kekerasan. Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Kedubes AS.

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini