nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Kirim Pasukan ke Sudan

Arpan Rachman (Okezone), Jurnalis · Rabu 11 Februari 2015 19:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 02 11 18 1104499 indonesia-kirim-pasukan-ke-sudan-E1ms4w87dN.jpg Indonesia Kirim Pasukan ke Sudan (Foto:Arpan/Okezone)

MAKASSAR – Pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengirimkan TNI untuk membantu menciptakan perdamaian di Sudan.

Sebanyak 801 prajurit TNI dikirim ke Sudan di bawah misi perdamaian PBB. Pasukan ini diberi nama Satgas Yon Komposit TNI Konga XXXV-B/UNAMID Darfour.

Secara keseluruhan, satgas berjumlah 800 prajurit ini menggabungkan unsur TNI AU, AL, dan AD. Induknya dari Batalion 721 Kodam VII Wirabuana.

"Ini bagian dari kita melaksanakan konstitusi dan UUD45. Indonesia adalah negara yang ikut menciptakan kedamaian dunia. Oleh karena ini, keberangkatan pasukan dari Sulawesi Selatan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita semua," ujar Gubernur Syahrul saat upacara pelepasan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Peran pasukan perdamaian ini mengamankan instalasi vital yang menjadi tanggung jawab. Pengawalan terhadap masyarakat misalnya kalau ada yang konflik didamaikan," ujar Pangdam Wirabuana VII Mayjen Bachtiar.

Para prajurit terpilih itu telah melalui seleksi meliputi kesehatan, keterampilan, psikologi, dan bahasa. Sedangkan spesialisasi keahlian tempur yang dimiliki mereka mencakup kecakapan patroli, bela diri, menembak, termasuk kegiatan teritorial.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini