nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Letusan Gunung Lokon Membuat Warga Tomohon Panik

Rabu 20 Mei 2015 21:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 340 1152819 letusan-gunung-lokon-membuat-warga-tomohon-panik-HW4NeBtGRe.jpg Erupsi Gunung Lokon (foto: Antara)

TOMOHON - Letusan Gunung Lokon, pada Rabu (20/5/2015) sekira pukul 15.20 waktu setempat ternyata membuat warga Kota Tomohon terkejut. Sebagian besar warga keluar rumah untuk melihat letusan material vulkanik yang cukup tinggi.

"Memang sempat terdengar letusan dan ada awan hitam yang menjulang ke udara di atas Gunung Lokon, " kata Andi warga setempat.

Sementara suasana di Pos Pemantau Gunung Lokon nampak sibuk pasca letusan. Tidak hanya petugas pemantau yang memantau seismograf dan alat sensor lainnya, nampak belasan anggota TNI dan polisi langsung datang saat mengetahui ada letusan.

Kehadiran anggota TNI dan polisi ini untuk ikut memantau perkembangan letusan Gunung Lokon. Mereka juga mengambil data letusan gunung api tersebut.

Danramil Kota Tomohon, Kapten Infantri Fecky Welang mengatakan, kehadiran anggota TNI ini untuk melaporkan secara berkala kondisi Gunung Lokon.

Menurutnya jika letusan dianggap berbahaya maka TNI akan langsung bereaksi dengan membantu melakukan evakuasi warga.

"Kami ikut memantau kondisi letusan Gunung Lokon dan mengambil tindakan sesuai instruksi pimpinan. Kami siap membantu melakukan evakuasi warga jika letusan dianggap berbahaya," tuturnya.

Perlu diketahui, Gunung Lokon yang berada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus, hingga terlihat dari Kota Manado. Gumpalan abu vulkanik yang berwarna hitam menjulang dengan ketinggian mencapai 1.500 meter.

Abu vulkanik tertiup angin ke arah utara sampai barat laut Kota Tomohon. Sementara, potensi letusan bisa kembali terjadi.

Hinggi kini, status Gunung Lokon masih Siaga. Pemerintah mengimbau warga agar waspada dan tidak beraktivitas pada radius 2,5 km dari kawah Tompaluan.(SindoNews)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini