nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Candi di Kebun Kopi Bukti Hinduisasi di Tanah Jawa

Mustholih, Jurnalis · Senin 28 September 2015 20:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 09 28 512 1222378 candi-di-kebun-kopi-bukti-hinduisasi-menyebar-di-tanah-jawa-Q9qcs43RMp.jpg Lokasi candi peninggalan Mataram Kuno (foto: Mustholih/Okezone)

SEMARANG - Bangunan candi diduga peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ditemukan di tengah kebun kopi di Dukuh Duduhan, Mijen, Semarang, Jawa Tengah.

Peneliti dari Institut Teknologi Bandung, Johan Arif, menyatakan bangunan itu berdiri pada masa hinduisasi menyebar di Tanah Jawa.

"Jadi perkiraan sementara para pendatang datang ke sini membuat tempat pemujaan. Mereka melakukan hinduisasi di sini," kata pria yang menguasai bidang arkeogeologi itu di lokasi penggalian candi, Senin (28/9/2015).

Menurut Johan, karakter candi hindu berdiri di tengah-tengah area persawahan. "Bagian saya itu keterkaitan bangunan dengan sawah di sekitar sini," ujar Johan seraya menyatakan bahwa area sawah berada di sekitar barat, utara, dan timur candi.

Johan menduga sawah di lokasi candi itu dulu merupakan sawah buatan bukan alami. Menurut Johan, sebelum didirikan candi, wilayah Dukuh Duduhan merupakan hutan belantara.

"Kelihatannya ini sawah buatan. Orang-orang membuka hutan membuat sawah dan sebagian di sini untuk pemujaan," terang Johan.

Sebelumnya, Kepala Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Agustijanto, menyatakan bangunan candi diduga berdiri pada abad 8 sampai 10 masehi atau saat Jawa dikuasai Kerajaan Mataram kuno.

"Kelihatan gaya seni Jawa Tengah periode Mataram Kuno antara 8 sampai 10 masehi," beber Agus seraya menyatakan bahwa periode Mataram Kuno dimulai dari Raja Sanjaya, Panangkaran, dan Rakay Pikatan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini