nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ELT Pesawat Aviastar Diduga Tak Berfungsi karena Rusak

Regina Fiardini, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2015 01:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 03 340 1225337 elt-pesawat-aviastar-diduga-tak-berfungsi-karena-rusak-87F7LrcIjc.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pencarian pesawat perintis berjenis De Havilland DHC-6 Twin Otter milik Maskapai Aviastar Mandiri yang dikabarkan hilang kontak, terus dilakukan.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, turut membantu pihak manajemen Aviastar menemukan keberadaan pesawat bernomor penerbangan MV 7503 dengan rute Masamba-Makassar itu.

"Kami mencari informasi apa yang diberikan pihak Aviastar, mereka kooperatif," kata Soerjanto saat ditemui di kantor Aviastar, Jakarta.

Dikatakan Soejanto, saat ini pihaknya telah mengirim anggota KNKT ke Makassar, guna membantu pihak Basarnas dalam proses pencarian Pesawat Aviastar.

Pihaknya mengaku ingin fokus menemukan titik lokasi pesawat, agar bisa memberi bantuan secepatnya.

"Dari KNKT sudah mengirim tim ke Makassar, saat ini tim konsentrasi untuk membantu Basarnas mencari lokasi hilangnya pesawat. Bagi kami itu berada yang penting saat ini," ujarnya.

Lebih lanjut Soerjanto mengatakan, pesawat perintis itu memiliki Emergency Locator Transmitter (ELT) atau alat pemancar sinyal gelombang radio.

Namun pihaknya sulit mendeteksi keberadaan ELT tersebut, lantaran diduga ELT tersebut terbentur sesuatu sehingga mengakibatkan tidak berfungsi.

"Pesawat tersebut memang mempunyai ELT. Tapi jika ada impact keras itu tidak berfungsi. Maka kami cari cara lain untuk menemukannya dengan posisi komunikasi terakhir, cuaca, angin," tutupnya.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini