nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KNKT Baca Isi Rekaman Black Box Aviastar

Salviah Ika Padmasari, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2015 20:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 10 14 340 1231851 knkt-baca-isi-rekaman-black-box-aviastar-5rGJInzJ2X.jpg Ilustrasi

MAKASSAR - Penyelidikan penyebab jatuhnya pesawat Aviastar terus berjalan. Hingga saat ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus menganalisa isi rekaman black box.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, menjelaskan, black box pesawat Aviastar itu sudah dibuka dan dibaca. "Rekamannya cukup bagus dan jelas. Saat ini sementara dianalisa rekaman tersebut," kata Soerjanto Tjahjono, saat dihubungi, Rabu (14/10/2015).

Terkait isi rekaman, Soerjanto mengatakan, akan dipublish sekaligus bersama kesimpulan hasil penyelidikan secara keseluruhan ketika tin investigator telah menyelesaikan tugasnya.

Dikatannya, tim investigator yang mendengarkan black box Aviastar itu dipimpin Kapten Nurcahyo yang baru akan tiba di Jakarta malam ini setelah bekerja selama empat hari di lokasi kejadian jatuhnya pesawat perintis itu di Kabupaten Luwu.

Sebagaimana diketahui, sebelum kecelakaan pesawat Aviastar, kasus serupa adalah jatuhnya pesawat Air Asia, dan Trigana Air beberapa waktu lalu. Black Box masing-masing pesawat ini susul-menyusul dianalisa. "Tim kami muter-muter, belum sempat duduk di kantor," uajrnya.

Diketahui, di atas pesawat Aviastar itu memuat tujuh penumpang masing-masing Muhammad Natsir, Riza Arman bersama istri dan anaknya, Lisa Falentin dan Sakhi Arqobi, lalu Nurul Fatimah bersama dua anaknya Raya dan Afif. Kemudia tiga awak, pilot Kapten Iriafriadi, co pilot Yudhistira dan teknisi Soekris Winarto.

Pesawat ini lepas landas dari bandara Andi Jemma, Masamba, Kabupaten Luwu Utara tujuan bandara internasional Sultan Hasanuddin, Jumat, 2 Oktober 2015 sekira pukul 14.25 Wita dan dinyatakan hilang kontak, pada pukul 14.36 Wita. Lalu pesawat itu ditemukan jatuh dari atas ketinggian 7.300 kaki di Desa Ulu Salu, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini