nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program Bela Negara Bertujuan Disiplinkan Anak Bangsa

Angkasa Yudhistira, Jurnalis · Senin 12 Oktober 2015 19:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 12 337 1230696 program-bela-negara-bertujuan-disiplinkan-anak-bangsa-fl660zWJ6Y.jpg Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, usulan program bela negara berasal dari Kementerian Pertahanan (Kemhan). Tujuannya, untuk meningkatkan kedisiplinan sejak dini.

"Itu oleh Kemhan dibuat program, tujuannya untuk mendisiplinkan anak-anak kita, revousi mental juga, membuat kita lebih aware, ada masalah kebangsaan, narkoba, teroris, ada pelatihan," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Sekadar diketahui, Kemhan berencana merekrut 100 juta kader bela negara dari seluruh wilayah Indonesia mulai tahun ini.

Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, seusai menjadi pembicara kunci pada seminar nasional 25 tahun SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Namun, kata Luhut, pelatihan tersebut tidak seperti wajib militer. Dan yang akan melatih, adalah dari jajaran militer, polisi, dan unsur keilmuan yang lain.

"Kita lihat angka realistisnya berapa yang bisa dicapai dalam lima tahun ini," ujarnya.

Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, sebelumnya berharap, 10 tahun ke depan sudah ada 100 juta kader bela negara. Kader-kader bela negara bertugas melakukan pertahanan negara jika sewaktu-waktu negara mendapat ancaman, baik nyata maupun belum nyata.

Keberadaan kader bela negara, sambungnya, sangat penting dan mendesak. "Karena saya melihat, belakangan wawasan kebangsaan kita sudah mulai luntur," kata Ryamizard.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini