Obama Ucapkan Selamat dan Puji Presiden Myanmar lewat Telefon

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Kamis 12 November 2015 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 12 18 1248173 obama-ucapkan-selamat-dan-puji-presiden-myanmar-lewat-telefon-uxAm2vfC17.jpg Barack Obama mengucapkan dan memuji Myanmar atas berlangsungnya pemilu yang demokratis lewat sambungan telefon (Foto: Reuters)

YANGON – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengucapkan selamat dan memuji Presiden Myanmar Thein Shein lewat sambungan telefon pribadi.

Obama memuji pemerintahan Thein Shein karena berhasil menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu) yang adil dan demokratis. Minggu 8 November 2015 adalah hari bersejarah bagi negara yang dahulu bernama Burma itu karena berhasil menyelenggarakan pemilu demokratis pertama kali sejak 1990.

“Presiden AS menyelamati Presiden Thein Shein dan seluruh pemerintahan karena berhasil menyelenggarakan pemilu yang adil dan demokratis,” tulis juru bicara pemerintahan Ye Htut dalam laman Facebook seperti dilaporkan Reuters, Kamis (12/11/2015).

“AS akan melanjutkan kerja sama dengan pemerintah Myanmar,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi itu.

Presiden Thein Shein sendiri sudah berjanji akan membantu transisi pemerintahan kepada penerusnya. Namun, sekali pun Partai Liga Nasional Demokratik (NLD) pimpinan Aung San Suu Kyi memenangi pemilu, perempuan 70 tahun itu tidak bisa terpilih sebagai presiden.

Anak dari almarhum Jenderal Aung San itu sendiri sudah menyatakan akan mematuhi undang-undang. Suu Kyi akan memilih seseorang dari partainya untuk menjadi presiden Myanmar selanjutnya. Namun, dikhawatirkan presiden tersebut hanya akan menjadi boneka Suu Kyi.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini