Indonesia Ucapkan Selamat kepada Aung San Suu Kyi

Silviana Dharma, Okezone · Selasa 24 November 2015 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 24 18 1254968 indonesia-ucapkan-selamat-kepada-aung-san-suu-kyi-U8Wzu08DPW.jpg Presiden Myanmar terpilih Daw Aung San Suu Kyi. (Foto: The Guardian)

JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri pada Senin 23 November mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua Partai National League for Democracy, Daw Aung San Suu Kyi, sebagai Presiden Myanmar.

Ucapan selamat itu menyusul dikeluarkannya pengumuman resmi Union Election Commision (KPU) Myanmar yang menetapkan National League for Democracy sebagai partai pemenang pemilihan umum.

Menurut pihak Pemerintah Indonesia, hasil pemilu tersebut sudah merefleksikan aspirasi dan harapan nyata rakyat Myanmar. Setelah bertahun-tahun rakyat Myanmar berada dalam kecaman Junta Militer.

“Kami yakin rakyat Myanmar akan memanfaatkan momentum ini dalam memastikan transisi politik yang demokratis, dalam semangat perdamaian dan rekonsiliasi,” demikian keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Okezone, Selasa (24/11/2015).

Dalam surat ucapan resmi yang ditujukan langsung kepada presiden terpilih Myanmar Aung San Suu Kyi, Pemerintah Indonesia menekankan kembali komitmennya untuk terus mendukung upaya dan langkah Myanmar menuju reformasi dan demokratisasi yang berkesinambungan.

“Kami berharap dengan terpilihnya presiden yang baru, hubungan kedua negara tetap terjalin erat, baik dalam lingkup bilateral maupun ASEAN, serta dalam berbagai forum internasional, untuk kepentingan rakyat kedua negara dan demi tujuan bersama mencapai perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan maupun dunia,” tambahnya.

Terakhir, Indonesia juga mengapresiasi sikap toleransi dan lapang dada yang ditunjukkan pemerintah petahana Myanmar dibawah pimpinan Presiden Thein Sein.

Atas keberhasilannya membawa Myanmar ke arah demokrasi dan telah menyatakan menerima hasil pemilu tersebut. Indonesia mengharapkan proses transisi dapat dilaksanakan secara lancar dan damai.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini