Ratusan Angkot di Padang Mogok

Rus Akbar, Okezone · Selasa 24 November 2015 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 24 340 1255102 ratusan-angkot-di-padang-mogok-qbwTgPwXke.jpg Ratusan angkot mogok di Padang (foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Ratusan angkot jurusan Siteba-Pasar Raya, Lubuk Buaya-Pasar Raya, serta Tabing-Pasar Raya melakukan aksi mogok dan memarkirkankan mobilnya ditepi jalan depan kantor DPRD Padang, jalan Sawahan.

Namun aksi itu tidak terlalu tegang, ketika Komandan Propam Polresta Padang, AKP Sigit Saputra menantang supir angkot yang ikut demo ini dengan tantangan bisa menyanyikan lagu beras solok dalam bahasa Indonesia. Selain itu polisi mengajak menari dengan music hiphop. Polisi dan sopir angkot yang melakukan aksi itu tertawa terbahak-bahak.

Aksi mogok yang dilakukan itu atas nama Forum Komunikasi Angkot terhadap surat edaran yang dikeluarkan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang tentang penataan badan usaha angkot serta pengurusan izin usaha angkutan dan izin trayek.

“Kita juga mengkhawatirkan dengan penambahan 10 armada Trans Padang, sekarang saja kita sudah susah penumpang, apalagi ditambah Trans Padang,” kata Adang Deli salah satu sopir yang ikut demo, Selasa (24/11/2015).

Para sopir ini juga menuntut Dishubkominfo Kota Padang, nama pemilik mobil harus dicantumkan di BPKB jika bergabung dengan Koperasi. Dishub menertibkan parkir di pinggir jalan yang menyebabkan kemacetan, dan menghalangi penumpang naik angkot.

"Kita juga menuntut agar angkot PO Indra tidak memasuki jalur Siteba-Jalan Gajah Mada dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Organda aktif memindahkan izin dari pemilik ke koperasi dan perusahaan, kemudian kita meminta tidak ada tambahan angkot baru atau peremajaan, kemudian Trans Padang tidak mobil masuk dalam trayek angkot," sambungnya.

Meski aksi tersebut sempat menelantarkan ratusan penumpang di Kota Padang, tetap tidak ada solusi yang diterima dari DPRD Padang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini