nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jawa Tengah Bakal Punya Panti Rehabilitasi Penyandang AIDS

Mustholih, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2015 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 26 512 1275101 jawa-tengah-bakal-punya-panti-rehabilitasi-penyandang-aids-yQ3UmyWAhV.jpg Menteri Sosial, Khofifah (foto: Okezone)

SEMARANG - Pemerintah Pusat berencana membangun dua panti rehabilitasi di Jawa Tengah. Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menyatakan, kedua panti yang mulai disiapkan pada 2016 itu akan dibangun di Purwokerto dan Pati.

"Kita akan menyiapkan di Pati, panti sosial untuk ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) dan di Purwokerto untuk anak yang bermasalah dengan hukum," kata Khofifah usai menghadiri Konferensi wilayah ke VII Muslimat NU Jawa Tengah, Semarang, Sabtu (26/12/2015).

Khofifah menegaskan, saat ini Kementerian Sosial sedang melakukan koordinasi internal.

"Kita sedang melakukan koordinasi internal karena masyarakat di sekitar panti untuk ODHA keberatan," ujar Khofifah.

Di luar Jawa Tengah, kata Khofifah, Pemerintah akan membangun dua panti lagi untuk pengidap HIV/AIDS di Ternate, Maluku Utara, dan Sukabumi, Jawa Barat. Dengan demikian, pada 2016 Pemerintah punya tiga panti bagi orang yang terpapar HIV /AIDS.

"Jadi, seluruh lulusan panti sosial menjadi tanggung jawab daerah kecuali Napza dan ODHA. Sekarang sedang dilakukan koordinasi oleh Mendagri. Hampir semua daerah menghitung kembali kemampuan keuangan dan aparatur yang akan memberi pekayanan di panti-panti rehab," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini