nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Identifikasi Pengidap HIV/AIDS, Bupati Canangkan Program Tes Darah

Edy Siswanto, Jurnalis · Sabtu 11 Juni 2016 13:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 11 340 1412416 identifikasi-pengidap-hiv-aids-bupati-canangkan-program-tes-darah-MrBTo7UcU4.jpg Foto: Illustrasi Okezone

JAYAPURA - Guna mengidentifikasi tingkat pengidap dan penyebaran HIV/AIDS, Bupati Lanny Jaya, Provinsi Papua, mencanangkan program tes darah bagi warga, pegawai negeri sipil (PNS), dan seluruh anggota TNI/Polri di sana.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya Christian Sohilait mengatakan, program tes darah yang dicanangkan Bupati sudah berjalan dua tahun. "Sudah dua tahun ini program tes darah berlangsung. Bertahap memang, karena medan yang cukup sulit," ujarnya, Sabtu (11/6/2016).

Christian menjelaskan, untuk merealisasikan jalannya program tersebut, Pemkab Lanny Jaya dibantu oleh beberapa pihak yang berkompeten.

"Ada KPA, ada PMI, ada WFI, dan ini kita digenjot terus, karena yang kita lakukan adalah untuk membongkar jumlah pengidap HIV AIDS yang pasti," sambungnya.

Ia memaparkan, saat ini angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Lanny Jaya sekira 300 orang dari 2.000 total warga. Angka pengidap HIV/AIDS tersebut dianggap masih belum pasti.

"Kami mau membongkar dulu jumlah pengidap HIV/AIDS ini, karena menurut kami dengan kita bongkar, dan kita bisa ketahui jumlah pastinya, maka akan mudah untuk mengisolasi atau melakukan penekanan jumlahnya lagi," tuturnya.

Christian menerangkan, dengan program tes darah, sudah mulai diketahui warga atau pejabat yang mengidap HIV/AIDS.

"Sudah ada warga yang kena, TNI Polri yang kena, pelajar juga kena, bahkan ada pejabat eselon juga kena," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini