nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Innalillahi... 4 Penderita HIV/AIDS di Pangandaran Meninggal Dunia

Syamsul Maarif, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 17:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 28 525 1745826 innalillahi-4-penderita-hiv-aids-di-pangandaran-meninggal-dunia-17OwaZ4NHv.jpg foto: Illustrasi Okezone
 

PANGANDARAN - Angka penderita HIV AIDS di Kabupaten Pangandaran yang meninggal dunia hingga tahun 2017 tercatat 4 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Achmad Marzuki mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS yang tercatat sebanyak 44 orang.

"Jumlah tersebut merupakan hasil pendataan ulang setelah Kabupaten Pangandaran berpisah dari Kabupaten Ciamis," kata Yani kepada wartawan, Jumat (28/7/2017).

Dia menambahkan, data awal sebelum pihaknya melakukan pendataan, jumlah angka penderita HIV AIDS tercatat sebanyak 61 orang karena masih digabung dengan Kabupaten Ciamis.

"Saat ini Pemda Pangandaran telah melakukan upaya pencegahan dan penanganan untuk penderita HIV/AIDS melalui layanan ARV di 4 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran," tambahnya.

Sebelumnya, penderita HIV/AIDS yang berasal dari Kabupaten Pangandaran rutin melakukan pengobatan ke Kota Banjar didampingi LSM Mata Hati.

"Saat ini ada enam penderita HIV/AIDS yang masih rutin melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke Kota Banjar, sedangkan yang melakukan pengobatan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran tercatat lima orang," paparnya.

Kata dia, keempat puskesmas yang menerima layanan ARV adalah Puskesmas Pangandaran, Cikembulan, Parigi, dan Cimerak.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini